Kegiatan

AWAK ANTARA KALSEL JELAJAH OBJEK WISATA KOTABARU

AWAK ANTARA KALSEL JELAJAH OBJEK WISATA KOTABARU
Awak Biro Perum Lembaga Kantor Berita Indonesia atau Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Kalimantan Selatan (Kalsel) menjelajah objek wisata di kabupaten paling timur Provinsi Kalsel, yakni Kotabaru pada 25-28 April 2024.

Penjelajahan yang dipimpin Kepala Biro ANTARA Kalsel Taufik Ridwan tidak cuma objek wisata alam, tetapi menikmati kuliner serta industri rumah tangga (Home Industry), kehidupan sosial, serta religi di kabupaten berjuluk "Bumi Sa-ijaan" tersebut.

Sementara, salah satu objek wisata alam atau wisata bahari yang dikunjungi rombongan ANTARA Biro Kalsel, yakni Pantai Gedambaan dengan pemandangan alam Laut Sulawesi dan Selat Makassar yang membiru sejauh mata memandang dengan warna ombak beserta riak-riaknya.

Panorama Pantai Gedambaan menyatu dengan bagian belakang kawasan kaki Gunung Sebatung yang menghijau dan cukup terkenal yang dikelola Pemerintah Kabupaten Kotabaru.

Selain itu, objek wisata Teluk Tamiyang yang menyimpan aneka terumbu karang sebagai habitat berbagai ikan laut dan tempat "mengamankan diri" bagi ikan yang menjadi santapan ikan besar, seperti hiu.

Teluk Tamiyang yang terkoneksi dengan Laut Jawa (Laut Indonesia) itu merupakan "pintu masuk" makhluk gaib atau dengan sebutan lain "Sarunjana" yang belakangan ini muncul film bergenre horor atau mistik.

Kemudian, rombongan mengunjungi Kampung Nelayan Sarang Tiung untuk meninjau objek wisata alam "Bukit Papa e" serta hutan mahoni putih, dan Kotabaru "Gunung Bamega menikmati kuliner/masakan dari siring laut.

Beberapa awak ANTARA Kalsel cukup menikmati objek wisata, kendati belum seluruh terkelola dengan maksimal.

Sebagai contoh, "Paman Anom" menyebutkan Pantai Teluk Tamiyang kurang terkelola dengan baik karena terdapat bangunan liar pada jalur hijau atau garis pantai.

Padahal menurut Paman Anom, Teluk Tamiyang merupakan sebuah objek wisata bahari yang cukup potensial untuk mendunia, namun perlu pengelolaan yang optimal agar menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.
 
Sebelum tiba di Kotabaru, rombongan sempat menunaikan Shalat Dzuhur di Masjid Apung Ziadatul Abrar, tepi Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalsel.

Pewarta: Syamsuddin Hasan
Editor : Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2024

 
Artikel ini telah diunggah di portal Antaranews Kalimantan 
Selatan pada Rabu, 1 Mei 2024 21:48 WIB dan dapat diakses melalui tautan ini.

(Cathelya/Sekretariat Perusahaan)