Artikel

KABIRO ANTARA KALTENG JADI NARASUMBER WEBINAR INDONESIA MAKIN CAKAP DIGITAL

KABIRO ANTARA KALTENG JADI NARASUMBER WEBINAR INDONESIA MAKIN CAKAP DIGITAL
Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Palangka Raya, Selasa, (6/7/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Masyarakat di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah diingatkan agar mampu bertindak cermat dalam memanfaatkan berbagai tren pekerjaan maupun usaha di tengah pandemi COVID-19.

Apalagi di masa pandemi, pekerjaan maupun usaha yang tersedia sangatlah banyak yang tentunya berkaitan dengan dunia digital, kata salah satu pemilik event and wedding organizer ternama yakni Ulfa Merdeka, Selasa.

"Maka kemampuan digital sangatlah penting dimiliki, yakni kemampuan memanfaatkan teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi serta produktivitas dalam suatu pekerjaan," tuturnya saat menjadi narasumber webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Palangka Raya.

Adapun beberapa hal penting dinilai penting bahkan menjadi kunci jika ingin sukses dalam memanfaatkan tren pekerjaan atau usaha, seperti menciptakan rasa percaya dari konsumen atau pelanggan, serta memahami dengan baik tujuan dari kegiatan bisnis yang sedang dilakukan.

"Selanjutnya after sales maintanance, yakni bagaimana memberikan layanan yang baik kepada konsumen usah bertransaksi," jelasnya.

Selanjutnya menciptakan jejaring usaha yang baik serta menjalin kerja sama dengan rekanan, fokus pada bidang yang diminati, menyadari kemampuan yang dimiliki diri sendiri, hingga membuat hal-hal yang unik atau menarik.

"Terpenting dari semuanya, yakni mulailah dari sekarang," ungkap Ulfa Merdeka yang juga memiliki usaha di bidang talent agency tersebut.

Adapun sejumlah tren pekerjaan dan usaha yang ada di tengah pandemi, seperti reseller online shop, bisnis kuliner, bimbingan belajar online, marketing media sosial, mikro influencer, freelancer misalnya editor video maupun foto, jasa penitipan anak, hingga jasa titip atau jastip, yakni jasa membelikan barang.

Ia pun menyampaikan, masyarakat harus siap dan mampu memanfaatkan semua ini dengan baik, seperti yang disampaikan Menteri Kominfo Johnny G Plate yakni ekonomi digital hadir sebagai ruang ekonomi yang menjadi titik temu, baik bagi pelaku ekonomi, penggerak teknologi, pemerintah, serta masyarakat umum untuk meningkatkan taraf hidup.

Webinar yang dibuka oleh Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin tersebut, juga menghadirkan narasumber lainnya, diantaranya seperti Kepala Biro LKBN ANTARA Kalimantan Tengah Rachmat Hidayat membahas tentang pemanfaatan teknologi digital di era new normal.

Pewarta : Muhammad Arif Hidayat
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021
(Hendi/Sekretariat Perusahaan)