Produk & Layanan

  • Antara Foto
  • Antara PRWire
  • Antara TV
  • LPJA Antara
  • Comets
  • Galeri Foto & Jurnalistik Antara

Layanan distribusi berita ANTARA berbasis web, memberi kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses seluruh berita terkini dalam berbagai kategori selama 24 jam setiap hari.

Portal berita ANTARA (www.antaranews.com) diluncurkan pada bulan Januari 1996 dengan tujuan memenuhi hak publik untuk mendapatkan informasi yang akurat, lengkap dan bermanfaat secara seketika. Portal ini disajikan dalam dua bahasa agar masyarakat dunia juga dapat mengetahui informasi yang utuh dan kredibel tentang Indonesia saat ini.

Ditunjang oleh reputasi ANTARA sebagai salah satu kantor berita terbesar di Asia dan didukung oleh jaringan pemberitaan global, portal ini menawarkan ragam informasi yang telah menjadi acuan dan daya tarik tersendiri bagi para pengguna Internet di seluruh dunia.

Dengan halaman terakses (pageviews) mencapai 7 juta setiap bulan yang sepertiga jumlah pengaksesnya berasal dari mancanegara (lihat tabel), peringkat portal ini semakin menanjak berdasarkan data perusahaan pemeringkat situs Alexa.com.

Beriklan di Portal ANTARA 

Portal ANTARA menawarkan berbagai keuntungan bagi pemasang iklan. Di antaranya adalah :
  1. Reputasi ANTARA sebagai salah satu kantor berita yang kredibel dan terpercaya dapat mengangkat citra bagi produk dan layanan yang ditawarkan para pemasangan iklan.
  2. Karakteristik pengunjung yang beragam dan berasal dari berbagai negara di dunia adalah pasar yang potensial bagi produk dan layanan yang ditawarkan para pemasangan iklan.
  3. Biaya pemasangan iklan yang terjangkau dapat membantu pemasang iklan menghemat biaya promosinya.
  4. Iklan ditempatkan pada posisi-posisi strategis agar pengunjung dapat melihatnya tanpa merasa terganggu.
  5. Pengiklan dapat mengganti materi iklannya dua kali dalam sebulan dengan ukuran yang sama.
  6. Pengiklan dapat mengetahui data statistik tentang berapa kali iklannya ditampilkan dan berapa banyak pengunjung yang meng-klik iklan tersebut.

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang beriklan di portal ANTARA, Anda dapat menghubungi kami di:

Wisma ANTARA Ⓑ

Jalan Cikini IV No. 11, Cikini, Jakarta Pusat 10350
Telp: (021) 22395579
Email: ads [at] antaranews.com, iklan [at] antara.co.id atau humas [at] antara.id

Salah satu produk unggulan dari Kantor Berita ANTARA adalah foto berita. Divisi pemberitaan foto atau lebih akrab disebut ANTARA Foto, memiliki pewarta-pewarta foto jurnalistik yang tersebar di seluruh Indonesia dan tidak diragukan lagi kemampuannya.

Kerap kali menjadi Official Host Photographer untuk berbagai acara, baik nasional dan internasional, membuat ANTARA Foto semakin teruji kancahnya dalam dunia fotografi jurnalistik.
Terikat dengan sejarah perjuangan Indonesia, ANTARA Foto memiliki hak siar, hak jual dan hak publikasi untuk foto-foto dokumentasi Indonesian Press Photo Service (IPPHOS), yang didirikan oleh Mendur Bersaudara.

Saat ini, ANTARA Foto memproduksi, mendistribusikan dan menyiarkan foto berita hasil produksi pewarta foto ANTARA yang membidik berbagai peristiwa, seperti politik, ekonomi, olahraga, sosial budaya, lingkungan, dan human interest baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Sekitar 70-100 foto berita per hari, dengan format resolusi tinggi (hi-res) dihasilkan ANTARA Foto. Berbagai foto jurnalistik karya pewarta foto ANTARA dapat dinikmati melalui situs www.antarafoto.com

ANTARA Press Release (PR) Wire merupakan salah satu unit bisnis Kantor Berita ANTARA yang bergerak di bidang penyebarluasan siaran pers ke media massa. Siaran pers dari pengguna jasa ANTARA PR Wire secara otomatis akan dimuat di portal berita milik Kantor Berita ANTARA, yaitu www.antaranews.com, serta beberapa portal biro daerah dan portal mitra media.

Siaran pers para mitra juga disebarkan melalui jaringan pelanggan ANTARA. ANTARA PR Wire pun mampu menyebarluaskan siaran pers ke berbagai media massa di luar negeri, serta dapat dialihbahasakan ke dalam bahasa China, Korea, Jepang dan Inggris, kemudian didistribusikan secara real time.

ANTARA PR Wire dapat mendistribusikan Press Release ke lebih dari 3.500 website, 8.000 organisasi media dan publikasi dan 1,5 juta komputer pelanggan profesional di 70 negara.

ANTARA TV yang mulai beroperasi penuh sejak Januari 2006, adalah salah satu unit penyedia konten audio visual yang bernaung di bawah Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA.

Unit ini menyempurnakan jasa layanan penyedia berita untuk cetak dan foto yang sejak tahun 1937 diproduksi oleh LKBN ANTARA.

ANTARA TV mendedikasikan dirinya sebagai kantor berita TV Indonesia yang menyajikan berita-berita secara akurat dan terpercaya mengenai apa yang terjadi di Nusantara.

Produk/Jasa

  1. Indonesia Pekan Ini (IPI)
  2. BICARA (Bincang-bincang bersama ANTARA)
  3. Features
  4. Dokumenter
  5. Profil
  6. TV Pool
  7. Pelatihan

Sumber Daya Manusia

Peralatan
  1. ENG
  2. Editing (Avid System; Windows & Mac)
  3. Multicam
  4. EFP
  5. Studio

Pengguna produk & Jasa

  1. Mahkamah Konstitusi
  2. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
  3. Kementerian Sosial
  4. Kementerian Agama
  5. Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat
  6. Pemerintah Provinsi Riau
  7. Perum Angkasa Pura
  8. International Finance Corporation; World Bank Group

 

Kontak

ANTARA TV

Wisma ANTARA Lt.19
Jl. Medan Merdeka Selatan No 17 Jakarta 10110
Telepon : 384 9442 ; 380 23 83 psw 244
Faksimili: (021) 384 9442

www.antaratv.com

CP:

Kepala Divisi Pemberitaan TV, Irmanto, 0812 9200 914

Marketing, Wahyu Yudha, 0818 142 167

 

Lembaga Pendidikan Jurnalistik ANTARA (LPJA) adalah unit usaha pendidikan dan pelatihan milik Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA. LPJA didirikan melalui SKEP-12/PAP/II/1988 tanggal 24 Februari 1988. Ruang lingkup kegiatan meliputi jurnalistik, media and public relations, dan bidang-bidang lain yang mendukung.

Didukung oleh tenaga staf pengajar dan profesional di bidangnya, program pelatihan LPJA ditujukan untuk seluruh masyarakat, baik mereka yang sudah bekerja dan ingin memperdalam pengetahuan dan keterampilan dan penguasaan keahlian individual serta pengalaman praktek lapangan. Pelatihan diselenggarakan lewat metode yang efektif dan efisien, mengedepankan keterampilan individual, dibimbing dan diasuh oleh wartawan senior dan fotografer ANTARA.

LPJA terbuka untuk institusi maupun personal.

Daftar Pelatihan Lembaga Pendidikan Jurnalistik ANTARA.

Jurnalistik Terpadu

Materi Pelatihan terdiri dari:

  • Teknik wawancara
  • Reportase
  • Menulis berita
  • Menulis features
  • Menulis artikel di media massa
  • Jurnalisme Investigasi
  • Online journalism
  • Manajemen Media

Fotografi Jurnalistik

Materi Pelatihan terdiri dari:

  • Fotografi jurnalistik
  • Operasionalisasi Kamera
  • Kamera digital
  • Teknik dasar fotografi
  • Editing dan Pengolahan foto
  • Hunting foto
  • Proses cuci-cetak foto
  • Foto berita
  • Foto human interest
  • Foto essai

Pelatihan Public Relations

Materi Pelatihan terdiri dari:

  • Dasar-Dasar Public Relations
  • Teknik Persuasi
  • Etika Public Relations
  • Teknik lobi dan negosiasi
  • Manajemen krisis dan konflik
  • Public speaking
  • Media relations
  • Menulis Press Release
  • Press Conference

 

Biaya Pelatihan:

Untuk kelas 27 jam biaya Rp.2.850.000,-(biaya dapat berubah sewaktu-waktu)

Biaya tersebut sudah termasuk biaya praktikum dan sertifikat LKBN ANTARA.

Waktu pelatihan

Kelas pelatihan terdiri dari kelas Reguler (Senin s/d Jumat) dan kelas Sabtu.

Ada dua pilihan waktu pelatihan, yaitu:

  • Kelas pagi: pkl.09.00-12.00 WIB 
  • Kelas siang: pkl.13.00-16.00 WIB

Untuk pelatihan in-house, waktu dan tempat pelatihan bisa dibicarakan kemudian sesuai dengan kesepakatan.

Staf Pengajar:

  • Wartawan Senior LKBN ANTARA 
  • Praktisi media massa
  • Praktisi public relations
  • Akademisi media
  • Fotografer senior Biro Foto ANTARA

Lokasi Belajar di Gedung LPJA Pasar Baru Jl. Antara 59 Jakarta Pusat.

Fasilitas Belajar:

Laboratorium Komputer, ruangan ber-AC, laboratorium fotografi, khusus pelatihan Fotojurnalistik kamera dipinjamkan oleh LPJA selama pelatihan, film dan bahan cuci-cetak disediakan oleh LPJA.

Informasi:

Untuk info lebih lanjut hubungi LPJA di Gedung LPJA Jl. Antara 59 Jakarta Pusat, tlp.021-3842591 ext.112-113, 021-34832848 Contact person: 0813-8991-5968 (Primayanti dan Lantinah).

COMETS Pertajam Sisi Komersial Antara

Di tengah perkembangan teknologi komunikasi digital saat ini, beragam inovasi seakan saling berkejaran. Dalam dunia bisnis jelas berbagai tantangan tak bisa lagi terhindarkan. COMETS - Content & Media Technology Solutions muncul sebagai salah satu jawaban atas kebutuhan berbagai entitas bisnis.

COMETS yang dibentuk pada awal tahun 2014, adalah sebuah unit di bawah Direktorat Komersial Perum LKBN ANTARA. Dengan COMETS, Antara selain sebagai Kantor Berita yang menghasilkan produk berita, saat ini juga berkembang menjadi Content Provider yang berkualitas dan kredibel bagi media baru (New Media).

Konten yang COMETS hasilkan memiliki format visual dan multimedia yang dirancang untuk kebutuhan konten media online dan digital, sehingga azas konvergensi benar-benar ditampilkan dalam format konten yang mencakup teks, foto dan video.

Selain konten, COMETS juga mampu memberikan layanan solusi Teknologi Informasi bagi setiap organisasi yang ingin memiliki situs web dinamis dengan menampilkan konten berita dan informasi terkini.

COMETS juga mengembangan produk konten lainnya yang berbasis non-berita seperti artikel kesehatan-kebugaran, gaya hidup, kuliner, wisata, serta informasi lainnya seperti info cuaca, lalu-lintas, infografis dan direktori; baik mengenai pemerintahan, organisasi dan tokoh lokal/nasional.

NEWSROOM SERVICE ANTARA

Termasuk di dalam COMETS adalah Newsroom Service Antara. NSA merupakan layanan solusi konten berita untuk situs web perusahaan.  Dengan NSA, situs web perusahaan akan selalu terbaharui/update dengan berita-berita terkini dari Antara.  Konten berita yang update tentu akan menjadi nilai tambah yang mempengaruhi jumlah dan frekuensi kunjungan (traffic) ke website tersebut.

Mengandalkan jaringan pemberitaan yang luas dari Kantor Berita Nasional Antara, yang mencakup domestik dan internasional, Newsroom Service Antara dirancang untuk memudahkan perusahaan dalam menyajikan informasi terkini dan terpercaya bagi pengunjung situs webnya.

PUSAT DATA BISNIS ANTARA

Selain NSA, Pusat Data Bisnis Antara (PDBA) juga menjadi salah satu bagian dari COMETS. PDBA hadir dengan tujuan membantu entitas bisnis dalam membuat keputusan strategis yang terinformasi melalui penyediaan data, analisa dan rekomendasi yang andal, relevan dan terpercaya. 

Berbagai pihak yang menjadi mitra strategis memperkuat peranan PDBA di dunia bisnis. Mitra strategis tersebut antara lain Kementerian Kominfo, Kementerian Keuangan, Kementerian Pariwisata,  Kantor Berita Asing (Reuters, Bloomberg, AFP), Badan Pusat Statistik, Asosiasi Bisnis Indonesia, BMKG, Polda Metro Jaya, dan Bank Indonesia. 

Saluran distribusi PDBA antara lain aplikasi smartphone & tablet, LED layar besar, Media cetak, serta Televisi. 

 

Contact Person:

Content & Media Technology Solutions Department
Handry
Phone: +62 21 3802383 ext. 313
Mobile: +62 821 22415588
Fax: +62 21 3506206
Email: comets@antara.co.id

 

Galeri Foto Jurnalistik ANTARA (GFJA) dan Museum Graha Bakti ANTARA

Pada awal pendiriannya, GFJA menjadi galeri foto satu-satunya di Asia Tenggara. Tidak hanya sebagai galeri foto, GFJA juga menjadi tempat mengasah ilmu foto jurnalistik bagi para penggemar fotografi. Selain itu komunitas-komunitas fotografi pun menjadikan GFJA tempat berkumpul guna membahas berbagai hal yang berkaitan dengan dunia fotografi, dunia jurnalistik, dan juga dunia industri kreatif.

Galeri Foto Jurnalistik secara rutin memamerkan karya-karya pewarta foto Kantor Berita ANTARA, fotografer nasional dan internasional. Yudhi Soerjoatmoddjo, kurator pertama GFJA menekankan urgensi pendirian GFJA sebagai wadah kegiatan pendidikan fotografi dokumenter-jurnalisme di kawasan pinggir kali Ciliwung yang sarat sejarah itu.


Bukti peresmian tempat ini ada pada prasasti peresmian yang ketika itu ditanda-tangani oleh pemimpin umum Kantor Berita Antara Handjojo Nitimihardjo tertulis, “Graha Bhakti Antara ini dipersembahkan bagi para perintis dan pendahulu Kantor Berita Antara sebagai tanda penghargaan atas jasa-jasanya“

   

Museum Antara sendiri, berada di lantai 2 di atas Galeri. Museum yang memamerkan berbagai alat pendukung kegiatan jurnalistik di masa perebutan kemerdekaan Indonesia itu telah ada sejak 13 Desember 1992. Peresmiannya bertepatan dengan ulang tahun ke-55 LKBN ANTARA.

Galeri Foto Jurnalistik ANTARA
Jalan ANTARA No. 59,
Pasar Baru, Jakarta Pusat.
Telp: (021)384-2591
Fax: (021)381-2230/(021)348-33606

Tentang Kami

13 Desember 1937 Kantor Berita ANTARA didirikan oleh Adam Malik, Soemanang, A.M. Sipahoetar dan Pandoe Kartawigoena ketika semangat perjuangan kemerdekaan nasional menggelora dan digerakkan oleh para pemuda pejuang. Inilah para Pendiri ANTARA (founding fathers).         Adam Malik Soemanang A.M. Sipahoetar  Pandoe Kartawigoena 17 Agustus 1945 Keberhasilan ANTARA menyiarkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17...

Selengkapnya>>

WISHTLEBLOWING SYSTEM

ANTARA WISHTLEBLOWING SYSTEM

Manajemen

Mitra Antara

ACN News Wire
AFP
Associated Press
Bernama
Bloomberg
EFE
Kyodo News
OANA
Sputnik Russian Agency
Thomson Reuters
Vietnam News Agency
Xinhua News Agency
AsiaNet