Kegiatan

Galeri Foto Jurnalistik ANTARA Gelar Pameran Foto Peringatan 20 tahun Reformasi

Galeri Foto Jurnalistik ANTARA Gelar Pameran Foto Peringatan 20 tahun Reformasi

Galeri Foto Jurnalistik ANTARA bekerjasama dengan Pewarta Foto Indonesia serta komunitas desain Grafisosial Indonesia, FSRM Untar menggelar pameran foto dan penayangan video dokumenter dan konser Blues4Freedom memperingati 20 tahun Gerakan Reformasi.

Program membasmi lupa ini digelar sesuai dengan fungsi pers kita demi mendudukkan sejarah Reformasi di atas rel tujuannya. Juga menjaga agar amanat gerakan yang berhasil menumbangkan rezim Orde Baru itu tak menguap dalam arena sirkus para politisi kita yang dangkal dan tak pernah beranjak dewasa.

Pameran kerja bareng ini mencoba menyajikan pameran dalam sajian khas ala gerakan  sosial. Sahabat-sahabat pewarta foto harian dan majalah berita Indonesia juga memberi respon dengan menyumbangkan karya mereka untuk proyek dalam momentum yang penting ini.

Rekan-rekan Grafisosial dan FSRP Universitas Tarumanegara yang pada masa Reformasi telibat sebagai pelaku membuat produksi video “Agent of Change” (16 menit) berisi perwakilan dari dua lusin aktivis yang membeberkan harapan mereka gerakan yang dulu mereka gerakkan itu. Kamera person Kantor Berita Associated Press, Andi Jatmiko merangkumkan video “Road to Democracy” (2.30 menit) berisi perjalanan politik RI di era Reformasi dan setelahnya.

Selain pameran foto dan penayangan video juga digelar konser Blues4Freedom: MUSIK u/ DEMOKRASI yang melibatkan sejumkah kelompok atau individu musik guna terus menjaga keberadaan idealisme mereka di alam reformasi yang masih menyisakan banyak pekerjaan rumah itu. Tony Q Rastafara, Marjinal yang aktif juga dalam gelaran Reformasi tempo hari serta Stokvis, Rhacun dan Koboi Dijital yang hadir mewakili generasi baru menyaurakan ekspresi mereka.

Pengunjung dapat menyaksikan 24 poster foto, 10 foto dan satu buah mural dalam pameran di GFJA yang berlangsung hingga 11 Juni 2018 mendatang tanpa dipungut bayaran.

Ruang galeri dibuka setiap hari kerja dari pukul 10.00 – 21.00 WIB, kecuali Senin dan hari besar tutup. Bagi pengunjung yang ingin datang secara rombongan dan membutuhkan pendamping dapat menghubungi admin GFJA di Grha Bhakti Antara, Jalan Antara No.59, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Telepon/fax 0213458771.

 

Tim GFJA 2018