Galeri Foto & Jurnalistik Antara

Galeri Foto Jurnalistik ANTARA (GFJA) dan Museum Graha Bakti ANTARA

Pada awal pendiriannya, GFJA menjadi galeri foto satu-satunya di Asia Tenggara. Tidak hanya sebagai galeri foto, GFJA juga menjadi tempat mengasah ilmu foto jurnalistik bagi para penggemar fotografi. Selain itu komunitas-komunitas fotografi pun menjadikan GFJA tempat berkumpul guna membahas berbagai hal yang berkaitan dengan dunia fotografi, dunia jurnalistik, dan juga dunia industri kreatif.

Galeri Foto Jurnalistik secara rutin memamerkan karya-karya pewarta foto Kantor Berita ANTARA, fotografer nasional dan internasional. Yudhi Soerjoatmoddjo, kurator pertama GFJA menekankan urgensi pendirian GFJA sebagai wadah kegiatan pendidikan fotografi dokumenter-jurnalisme di kawasan pinggir kali Ciliwung yang sarat sejarah itu.


Bukti peresmian tempat ini ada pada prasasti peresmian yang ketika itu ditanda-tangani oleh pemimpin umum Kantor Berita Antara Handjojo Nitimihardjo tertulis, “Graha Bhakti Antara ini dipersembahkan bagi para perintis dan pendahulu Kantor Berita Antara sebagai tanda penghargaan atas jasa-jasanya“

   

Museum Antara sendiri, berada di lantai 2 di atas Galeri. Museum yang memamerkan berbagai alat pendukung kegiatan jurnalistik di masa perebutan kemerdekaan Indonesia itu telah ada sejak 13 Desember 1992. Peresmiannya bertepatan dengan ulang tahun ke-55 LKBN ANTARA.

Galeri Foto Jurnalistik ANTARA
Jalan ANTARA No. 59,
Pasar Baru, Jakarta Pusat.
Telp: (021)384-2591
Fax: (021)381-2230/(021)348-33606