Jaringan Distribusi Berita

Jaringan Distribusi BeritaDidukung teknologi informasi terkini, ANTARA memiliki jaringan komunikasi yang menjangkau berbagai pelosok Tanah Air dan dunia. ANTARA memiliki biro di setiap propinsi serta perwakilan di beberapa kotamadya/kabupaten. Agar dapat menyajikan berita luar negeri dengan persepsi nasional, ANTARA mengendalikan biro/perwakilan di Kuala Lumpur (Malaysia), Beijing (China) dan London (Inggris).

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap informasi global, ANTARA juga menjalin kerjasama, baik secara komersial maupun non-komersial, dengan kantor-kantor berita di seluruh dunia, seperti AAP (Australia), Reuters (Inggris), AFP (Perancis), DPA (Jerman), Kyodo (Jepang), Bernama (Malaysia), Xinhua (PR China), CIC (Columbia), NAMPA (Namibia) dan lain-lainnya. ANTARA aktif dalam berbagai organisasi regional dan international, seperti ANEX (ASEAN News Exchange), OANA (Organization of Asia Pacific News Agencies) dan NANAP (Non-Aligned News Agencies Pool).

ANTARA juga bekerjasama dengan Kedutaan-Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk menyampaikan informasi terkini tentang Indonesia maupun internasional kepada publik. Untuk melaksanakan penugasan negara dalam bentuk diseminasi informasi ke seluruh pelosok wilayah Indonesia termasuk daerah terdepan, terisolir dan tertinggal (3T), ANTARA bekerjasama dengan media-media lokal di berbagai provinsi di Indonesia, baik media cetak maupun elektronik.

Ratusan berita luar negeri yang berasal dari para mitra kerja dan rata-rata 750 berita hasil liputan wartawannya sendiri disebarluaskan setiap hari melalui teknologi komunikasi terkini, seperti VSAT dan DVB, serta berbagai teknologi berbasis Internet, seperti situs web, email dan ftp (file transfer protocol).

 

ANTARA juga bekerjasama dengan mitra-mitra asing seperti Reuters dan Bloomberg dalam menjual layanan data dan informasi pasar global. Dengan kantor-kantor berita asing di Asia Pasifik, ANTARA membentuk konsorsium Asia Pulse dalam memberikan layanan informasi bisnis Asia, dan membentuk konsorsium Asia Net dalam menyebarluaskan rilis pers secara global. Selain itu, ANTARA bekerjasama dengan Asia Pulse dan Asia Net melaksanakan distribusi siaran pers berbasis wire (PR Wire) sesuai dengan keinginan klien di dalam dan di luar negeri dengan bahasa lokal negara yang menjadi sasaran bisnis klien tersebut.