Artikel

ANAK PERUSAHAAN KANTOR BERITA ANTARA, IMQ-ANTARA DIGITAL MEDIA LEBARKAN SAYAP KE BALI

ANAK PERUSAHAAN KANTOR BERITA ANTARA, IMQ-ANTARA DIGITAL MEDIA LEBARKAN SAYAP KE BALI

Gianyar (Antaranews Bali) - Anak perusahaan Perum LKBN Antara, IMQ - Antara Digital Media, telah melebarkan sayapnya hingga bali, tepatnya di Kabupaten Gianyar, dengan melakukan pemasangan layanan media luar ruang di Kantor Pemerintah Kabupaten Gianyar tanggal 21-22 Januari 2019.

"Senin (21/1/2019) ini, tim IMQ-ADM melakukan audiensi ke sejumlah pihak di Kabupaten Gianyar untuk pemasangan TV-Content di ruang-ruang tunggu instansi dalam rangka memperluas diseminasi informasi ANTARA, khususnya informasi yang mencerahkan dan mengedukasi masyarakat," kata CEO IMQ Antara Digital Media, Darmadi, dalam obrolan (chat) dengan KaBiro LKBN Antara Bali, Edy M Yakub.

Selanjutnya, Selasa (22/1/2019), tim IMQ-ADM yang dipimpin "Head of Sales & Marketing Div. IMQ", Jonny Zulkarnain, melakukan pemasangan i-Media (TV-C) di ruang tunggu  RSUD Sanjiwani Gianyar, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Gianyar, dan ruang tunggu pada rumah sakit lain (RS Mata Bali Mandara, RSU Bali Mandara)

Tahun lalu, IMQ-ADM sudah memasang i-Media pada ruang tunggu di sejumlah stasiun milik PT KAI dan ruang tunggu bandara di lingkungan PT Angkasa Pura I (13-4-2018). Sebelumnya, IMQ-ADM memang mengembangkan "Big Data" yang bersifat finansial (IMQ), namun sejak tahun 2018 dialihtugaskan ke "Big Data" yang bersifat digital (IMQ-ADM).

Layanan pemberitaan digital di luar ruang ("Big Data") yang dilakukan IMQ-ADM saat ini adalah:.
1. Videotron (Luar Ruang)
2. TV-C atau TV-Content (Dalam Ruang)
3. TV Kabel (Ruang pribadi/kamar)
4. Data Riset (Peta Isu: ekonomi/IMQ, pemerintahan/Antara Insight, politik/Litbang Emprit, dsb)

Untuk videotron itu, IMQ-ADM sudah memasang beberapa titik di Jawa, termasuk Bali (bekerja sama dengan Jasamarga), sedangkan untuk TV kabel, IMQ-ADM juga sudah bekerja sama dengan Jishi Media yang merupakan penyedia layanan televisi berbayar terbesar di Provinsi Jilin, China, 30 Mei 2018.

Layanan di luar media massa itu merupakan layanan baru bagi Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA. Selama ini, ANTARA melayani media massa dan publik dengan beberapa cara diseminasi informasi:
1. Layanan berbasis satelit/internet (VSAT) untuk melayani media massa dan kantor berita asing. Layanan ini memosisikan Antara sebagai "sumber informasi" yang berpotensi dikutip 340 media se-Indonesia (pelanggan Antara), dan kantor berita luar negeri (bersinergi dengan Antara). Tanggal 7 Februari 2019, layanan ini dikembangkan menjadi "Antara Newswire" yang berkonten konvergensi (teks/tulis/feature, foto, video, dan info grafis) dan diluncurkan disela-sela HPN 2019 di Surabaya.
2. Portal Berita Konvergensi yang merupakan wadah dari sebagian (15-20 persen) layanan LKBN Antara yang di-diseminasi-kan untuk publik, baik negara maupun masyarakat/bangsa.
3. Layanan Portal Berita Konvergensi (poin 2) itu juga memungkinkan tiga bentuk layanan atas permintaan pihak lain, yakni:
    a. Koran Digital (layanan cetak/print untuk portal berita yang bersifat khusus pihak tertentu)
    b. Hyperlink (layanan "connecting" dari laman lain ke portal berita Antara)
    c. Inforial atau informasi advetorial (layanan "rilis" atau imbal siar dari pihak lain lewat portal berita Antara)
4. Fotografi/Pameran Foto yang merupakan layanan sosial untuk masyarakat berupa pameran foto, pameran foto online, dan balai belajar fotografi jurnalistik, namun layanan sosial ini memungkinkan untuk bersinergi dengan pihak lain, baik negara/pemerintah maupun masyarakat/bangsa.
5. Pendidikan Jurnalistik/Kehumasan yang merupakan layanan sosial untuk masyarakat berupa teknik jurnalistik/menulis, fotografi, video/konfergensi, kehumasan, dan big data.
6. Layanan Pendidikan Jurnalistik/Kehumasan (poin 5) itu juga memungkinkan tiga bentuk layanan atas permintaan pihak lain, yakni:
    a. media visit,
    b. magang,
    c. lomba/award/buku/katalog/ leaflet/Video Profil (contoh: katalog Rwa Bhineda, leaflet Kabupaten Membangun, video profil Antara Bali)
7. Sinergi Kegiatan (EO/Event Organizer) -- contph: Sinergi BUMN (SMN), Bali International Kungfu Championship, SATU Indonesia Award, dan sebagainya.

Semua layanan LKBN Antara (layanan di atas) itu bersifat "No-Hoax", "No-SARA", dan "Akurasi Informasi no.1" sesuai misi Antara untuk membangun karakter masyarakat berbasis pengetahuan, atau Antara sebagai pejuang kepentingan publik (yang mengutamakan informasi akurat, penting, cepat).


Sejarah Singkat
Pada 13 Desember 1937, Kantor Berita ANTARA didirikan oleh Adam Malik, Soemanang, A M Sipahoetar dan Pandoe Kartawigoena ketika semangat perjuangan kemerdekaan nasional menggelora dan digerakkan oleh para pemuda pejuang saat itu.

Pada 17 Agustus 1945, keberhasilan ANTARA menyiarkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 ke seluruh dunia adalah wujud kecintaan dan baktinya yang besar bagi perjuangan bangsa Indonesia.

Saat Teks Proklamasi dibacakan Soekarno, Adam Malik menelepon ANTARA dan diterima oleh Asa Bafagih yang diminta untuk menyampaikannya kepada Pangulu Lubis dengan berpesan "Jangan sampai gagal". Pangulu mengirimkan naskah ke bagian radio dengan menyelipkannya dalam morse-cast Domei, di antara berita-berita yang telah dibubuhi izin Hodohan.

Markonis Soegirin menjaga agar teks Proklamasi Kemerdelaam RI itu tersiar dan Markonis Wua yang mengirimkan, maka menyebarlah berita Proklamasi Indonesia ke pelosok Nusantara dan penjuru internasional.

Bulan Mei tahun 1962, ANTARA resmi menjadi Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) yang berada langsung di bawah Presiden Republik Indonesia. Keputusan Presiden No 307 tahun 1962, tanggal 24 September 1962 nama ANTARA diubah menjadi Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA dengan Dewan Pimpinan diketuai Pandu Kartawiguna dengan anggota-anggota Djawoto, Moh. Nahar, Subanto Taif, Adinegoro, Mashud Sosrojudho, Suhandar, Subakir, R. Moeljono dan Zein Effendi.

Selama lebih dari tiga perempat abad, ANTARA sebagai salah satu kantor berita bertekad untuk selalu menghadirkan berita teks, foto dan video mengenai peristiwa-peristiwa penting dan mutakhir secara cepat dan lengkap ke seluruh dunia, baik melalui saluran distribusi sendiri maupun yang bekerjasama dengan para mitra di seluruh dunia.

Pada 17 Juli 2007, melalui Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2007, akhirnya ANTARA resmi bergabung menjadi keluarga besar Kementerian BUMN dan berubah menjadi Perum Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA. Sejak itu, ANTARA tidak hanya melayani media massa semata, namun juga melayani publik. ANTARA melayani media dengan VSAT/jejaring satelit (Agenda Setting), sedangkan ANTARA melayani publik dengan jejaring "public relation" (Juru Bicara), yakni: Portal Berita (Konvergensi); Fotografi (pameran foto/GFJA); Pendidikan Jurnalistik (tulis, fotografi, video, kehumasan, media visit, magang, lomba, buku/katalog, award/LPJA); dan Big Data (videotron, TV-Content, TV Kabel, Data Peta Isu/IMQ-AI/ANTARA DIGITAL MEDIA).

Di Bali, LKBN ANTARA telah melayani masyarakat sejak tahun 1945 melalui penyiaran teks Proklamasi Kemerdekaan RI dan juga pengibaran bendera merah putih yang pertama di "kantor perjuangan" Antara Bali di Jalan Banjar Titih, Denpasar, yang kini menjadi Restoran Betty di Jalan Sumatera 56-58, Denpasar itu pada 18 Agustus 1945. Untuk tahun 1937-1945, histori ANTARA di Bali belum tercatat, kecuali adanya pewarta yang melaporkan setiap gerak perjuangan kebangsaan. (*)
Pewarta : ANTARA News Bali
Editor: I Komang Suparta
Sekretariat Perusahaan
COPYRIGHT © ANTARA 2019