Artikel

ANTARA BIRO BALI KENALKAN JURNALISTIK KEPADA 72 SISWA SMA

ANTARA BIRO BALI KENALKAN JURNALISTIK KEPADA 72 SISWA SMA
Pewarta LKBN Antara Biro Bali Ni Luh Rhismawati (kanan) yang merupakan alumni SMAN 1 Denpasar dari angkatan tahun 2003 menyampaikan materi kepenulisan dalam Roadshow Jurnalistik HUT ke-81 LKBN di SMAN 1 Denpasar, Selasa (18-9-18). (Foto Antaranews Bali/N Fikri Yusuf/2018)

Denpasar (Antaranews Bali) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Bali mengenalkan jurnalistik, fotografi, serta kantor berita kepada 72 orang siswa dari dua sekolah favorit di Kota Denpasar dalam "roadshow jurnalistik" yang berlangsung di Ruang Multimedia SMAN 1 Denpasar, Selasa.
    
Dalam acara itu, turut hadir Wakasek Kurikulum SMAN 1 Denpasar, Cok Gede Anom Wiratmaja,S.pd. M.Pd, mewakili kepala sekolah setempat yang sedang bertugas ke Yogyakarta. Ia mengucapkan terima kasih kepada LKBN Antara yang telah membagikan ilmunya kepada para siswa untuk lebih mengenal bagaimana cara menulis berita dan trik mengambil foto yang baik.
    
"Kami berharap para siswa yang ikut dalam acara ini bisa menggali lebih banyak ilmu tentang jurnalistik bersama Kantor Berita Antara Biro Bali," katanya saat menyampaikan sambutan di hadapan 72 siswa dari dua sekolah yakni SMAN 1 Denpasar dan SMAN 3 Denpasar itu.
    
Siswa yang hadir dalam "roadshow jurnalistik" itu, kata Cok Anom, rata-rata merupakan siswa yang terjun dan terlibat langsung dalam anggota majalah dinding yang ada di SMAN 1 Denpasar atau dari SMAN 3 Denpasar.
    
Dalam "roadshow jurnalistik" yang diadakan dalam rangka memperingati HUT ke-81 Kantor Berita Indonesia Antara itu, Kepala LKBN Antara Biro Bali, Edy M. Yakub, memberikan pemaparan secara singkat tentang kantor berita yang ada di dunia dan lokal di Tanah Air, yang pada saat era zaman "now" memungkinkan masyarakat bisa mendapat informasi melalui media cetak dan media "online" (portal).

"Kami ingin memperkenalkan kepada siswa tentang Kantor Berita di Indonesia khususnya dan posisi Antara diantara 105 kantor berita di dunia pada umumnya. Jadi, Antara merupakan media tertua di Tanah Air yang tetap berkomitmen untuk memihak kepentingan bangsa dan negara," katanya dalam acara yang semula hanya diikuti 45 peserta yang mendaftar lewat sekolah itu.

Dulu, katanya, Antara sebagai kantor berita hanya melayani media massa, tapi di zaman now sudah melayani media massa dan publik. "Dalam melayani publik, Antara menggunakan saluran portal konvergensi, layanan galeri publik (pendidikan jurnalistik dan pameran foto), layanan big data (melalui videotron, TV kabel, TV content, data peta isu), dan diplomasi publik sebagai public relation (PR Negara dan PR Bali)," katanya.
   
Pihaknya juga mengharapkan, siswa SMAN 1 Denpasar dan SMAN 3 Denpasar yang hadir dalam acara ini lebih tertarik untuk belajar menulis dan belajar foto. "Saya berharap, siswa termotivasi untuk menulis, sehingga dengan adanya kunjungan kami ini, bisa menambah wawasan siswa untuk bisa lebih baik lagi dalam membuat tulisan menarik, khususnya di majalah dinding," katanya.

Dalam acara yang juga didukung SMAN 1 Denpasar, Taman Nusa, Jimbaran Bay Beach, dan Warung Ayam Goreng Kremes "Cak Iwan" Renon itu, materi tentang cara menulis berita disampaikan langsung oleh Ni Luh Rhismawati yang merupakan pewarta dari Kantor Berita Antara dan alumni SMAN 1 Denpasar dari angkatan tahun 2003.
   
Untuk pemaparan tentang trik-trik mengambil gambar atau foto, disampaikan langsung oleh I Nyoman Budhiana, seorang fotografer LKBN Antara Bali yang membuat  para siswa yang hadir dalam "roadshow jurnalistik" itu antusias mendengarkan materi dan melihat foto-foto dari pemateri untuk dapat membidik sasaran foto yang lebih baik lagi.
    
Sementara itu, dalam tanya jawab setelah pemaparan materi usai, sejumlah siswa SMAN 1 Denpasar dan SMAN 3 Denpasar berhasil mendapat masing-masing dua voucher liburan ke salah satu objek wisata Taman Nusa dengan menjawab pertanyaan yang diberikan pemateri. Siswa yang mendapatkan voucher itu antara lain Dipta (SMAN 3 Denpasar), Bagas dan Santa (SMAN 1 Denpasar).

"Sukses selalu buat Antara," kata Kepala Sekolah SMAN 1 Denpasar M.Rida,S.Pd,M.Pd dalam pesan singkat melalui WhatsApp dari Yogyakarta untuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kabiro LKBN Antara Bali Edy M Yakub atas atensi kepada siswanya. Selain Rhismawati, pewarta LKBN Antara Biro Bali yang juga alumni SMAN 1 Denpasar adalah I Ketut Sutika (redaktur senior), namun ia juga berhalangan hadir dalam acara di almamaternya itu. (Adi Lz)

(Hendi/ISwahyuni/Sekretariat Perusahaan)