Kegiatan

PELAJAR SLB SMN PERKENALKAN PERMAINAN TRADISIONAL BANGKA BELITUNG

PELAJAR SLB SMN PERKENALKAN PERMAINAN TRADISIONAL BANGKA BELITUNG

Pelajar Sekolah Luar Biasa Kabupaten Bangka Selatan peserta Siswa Mengenal Nusantara 2019 akan memperkenalkan permainan tradisional anak- anak Kepulauan Bangka Belitung kepada masyarakat Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Yoga siswa kelas II Tuna Runggu SLB Toboali ini akan memperagakan permainan dan kebiasaan anak-anak di Bangka Selatan disaat membantu orang tua di ladang," kata Guru Pendamping Yoga siswa SLB Toboali, Yustiansyah di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan permainan dan kebiasaan anak-anak Bangka Belitung khususnya Bangka Selatan disaat membantu orang tua di ladang akan diperagakan dan diperkenalkan Yoga melalui gerak-gerakan kepada masyarakat Kendari.

"Kebiasaan anak-anak Bangka Belitung di ladang, mereka sambil membantu orang tua membersihkan rumput di kebun lada putih juga memperangkap burung puyuh, memancing dan lainnya," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya program Siswa Mengenal Nusantara BUMN Hadir Untuk Negeri yang dimotori PT Timah Tbk, Perum LKBN Antara dan Surveyor Indonesia dapat melestarikan kembali kebiasaan dan permainan tradisional anak-anak di daerah ini mulai hilang sebagai dampak kemajuan teknologi.

"Saat ini anak-anak sudah enggan memainkan permainan tradisional, mereka lebih cenderung bermain game dan permainan berbasis teknologi lainnya," katanya.

Pewarta : Aprionis

Eru Sasanti R Peni