Kegiatan

DIREKTUR KEUANGAN, MSDM, DAN UMUM PERUM LKBN ANTARA HADIRI PERINGATAN HARI BATIK NASIONAL

DIREKTUR KEUANGAN, MSDM, DAN UMUM PERUM LKBN ANTARA HADIRI PERINGATAN HARI BATIK NASIONAL

Direktur Keuangan, MSDM, dan Umum Perum LKBN Antara, Nina Kurnia Dewi, menghadiri peringatan Dasawarsa Batik sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO pada Rabu (2/10) di Halaman Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta. Kehadiran Direktur Keuangan, MSDM, dan Umum Perum LKBN Antara ini sebagai bentuk dukungan Kantor Berita Antara terhadap pengukuhan batik sebagai warisan budaya Indonesia agar semakin dikenal secara global.

Selain Perum LKBN Antara, turut hadir 17 perwakilan duta besar negara sahabat, kementerian yang berkaitan dengan komunitas batik, serta komunitas pecinta batik seperti Komunitas Penida Wastra Persada, Aruna Chakra Kinarya, dan Yayasan Tjanting Batik Nusantara.

Acara bertema “Batik, Khazanah Peradaban” ini diawali dengan parade busana batik dan dilanjutkan dengan sebuah drama musikal yang menceritakan tentang bagaimana batik tulis yang dalam prosesnya menggunakan canting dan malam mulai tergantikan oleh batik print.

Pada penghujung acara, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menorehkan malam pada kain batik sebagai simbolisasi pelestarian batik tulis di Indonesia.

(Ami/Iswahyuni/Sekretariat Perusahaan)