Artikel

LOMBA ESAI MENYAMBUT HUT KE-82, ANTARA BALI TERIMA 103 ESAI

LOMBA ESAI MENYAMBUT HUT KE-82, ANTARA BALI TERIMA 103 ESAI

Kantor Berita Antara Biro Bali akan menyelenggarakan Lomba Esai "Piala Gubernur" untuk SMA/SMK se-Bali untuk menyambut HUT ke-82 Perum LKBN Antara tanggal 13 Desember.

 

Ketua Seksi Lomba Esai, Ni Luh Rhismawati mengatakan sejauh ini pihak Panitia telah menerima 103 esai.

"Hingga penutupan penerimaan naskah pada 31 Oktober 2019 tercatat 103 esai yang diterima panitia dan mencerminkan sub tema terkait visi dan program Gubernur Bali yakni busana/aksara adat, perda sampah plastik, produk lokal, Perda Desa Adat, sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) 'Krama Bali Sejahtera', dan Perda Perlindungan Hasil Karya Budaya Bali," katanya.

Selain Lomba Esai, HUT Ke-82 Perum LKBN Antara di Biro Bali itu juga melaksanakan Pameran Fotografi Jurnalistik bertajuk "Rwa Bhineda 2019" pada 12-15 Desember 2019 serta Pelatihan Jurnalistik/Media Sosial/Hoaks pada 15 Agustus 2019.

 

Pelatihan yang akan diselenggarakan di Inna Hotel & Resort (HIN) Heritage, Jalan Veteran, Denpasar merupakan Sinergi BUMN yakni PGN, HIN, Balai Pustaka (BP), Kimia Farma, dan LKBN ANTARA.

 

Ni Luh menambahkan tahap selanjutnya adalah seleksi administrasi pada 1-13 November 2019 dan seleksi juri pada 14-30 November 2019.

 

Juri yang akan bermusyawarah untuk menentukan juara adalah I Gusti Ngurah Wiryanata (Kabag Publikasi Humas Pemprov Bali/Pemimpin Website Humas Pemprov Bali), Umar Alkhatthab (Ketua Ombudsman Bali), dan Masuki M Astro (Redaktur Kantor Berita Antara).

Namun, katanya, pengumuman pemenang Lomba Esai akan dilaksanakan pada 12 Desember 2019.

 

"Pemenang akan diundang dalam Simakrama HUT Ke-82 di Kantor Biro Antara Bali untuk menerima hadiah, sekaligus menghadiri pembukaan Simakrama dan Pameran Foto 'Rwa Bhineda' yang dijadwalkan akan dilakukan Gubernur Bali Wayan Koster," katanya.

Ia menambahkan setiap naskah yang mendapatkan juara tidak hanya menerima hadiah berupa dana apresiasi dan sertifikat/piala penghargaan, namun naskah sang juara akan tayang melalui portal bali.antaranews.com serta koran digital 'Antara News Bali'.

Lomba Esai tersebut didukung oleh Alfamart, Angkasa Pura, Humas Pemprov Bali, Aqua, Ombudsman Bali, dan sebagainya.

 

Sebagai salah satu sponsor dalam lomba esai tersebut, jaringan toko swalayan "Alfamart" wilayah Indonesia Timur menyatakan kesiapannya dalam mendukung kegiatan ini.

 

"Siap, kami siap mendukung kegiatan untuk mendukung kreativitas pelajar, sekaligus mendekatkan diri kami dengan masyarakat," kata Regional Corporate Communication Manager Alfamart Indonesia Timur, Moch Faruq Asrori, ketika dikonfirmasi dari Denpasar, Minggu (17/11).

Apalagi, lomba yang bertema "Nangun Sat Kerthi Loka Bali di mata Milenial" itu juga memantik sikap kritis pelajar terhadap program Gubernur Bali Wayan Koster dan pengejawantahan visi Gubernur itu di kalangan masyarakat dalam "sudut pandang" generasi milenial.

"Sebagai jaringan toko swalayan milik PT Sumber Alfaria Trijaya yang kini memiliki 1.000-an gerai di seluruh Indonesia, kami juga turut mendukung kegiatan yang menggugah masyarakat dan menumbuhkembangkan kreativitas generasi penerus," katanya.

Pewarta : ANTARA News Bali
Editor : Ami/Iswahyuni/Sekretariat Perusahaan