Kegiatan

PERUM LKBN ANTARA HADIR PADA RAPAT KOORDINASI SINERGI KOMUNIKASI DAN PUBLIKASI

PERUM LKBN ANTARA HADIR PADA RAPAT KOORDINASI SINERGI KOMUNIKASI DAN PUBLIKASI

Kementerian BUMN dan Forum Humas BUMN (FHBUMN) telah melaksanakan Rapat Koordinasi Sinergi Komunikasi dan Publikasi pada Jumat (15/11) di Menara Mandiri 1, Jakarta. Acara ini diikuti oleh Corporate Secretary atau Corporate Communication dan perwakilan pejabat teknis kehumasan dari seluruh BUMN. Rapat juga diisi dengan Diskusi Kekompok  Terarah untuk memperkuat sinergi komunikasi antara KBUMN dan BUMN sehingga terjalin komunikasi yang efektif dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

Di kesempatan ini, Corporate Secretary (Sekretaris Perusahaan) Perum LKBN Antara Iswahyuni juga menjadi salah satu narasumber dalam talkshow yang bertema Peran Komunikasi dalam Penyebaran Informasi serta Manajemen Isu dan Krisis disamping 3 narasumber lainnya, yaitu Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Adita Irawati, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informatika Septriana Tangkary, serta VP Corporate Communication PT Pertamina Fajriyah Usman.

Dalam paparannya yang mengulas memandang krisis dari sisi media, Iswahyuni juga mengingatkan kembali bahwa para Corporate Secretary maupun Corporate Communication harus senantiasa siap  dan menyiapkan antisipasi jawaban dengan segala pertanyaan dari media setiap saat baik sebelum krisis muncul ataupun sesudahnya.

“Wartawan itu kadang lebih dulu tahu, mereka perlu konfirmasi dan ada deadline jadi yang dikejar ya bapak/ibu semua yang ada di sini,” tambahnya.

Selainitu, ditambahkan, di kalangan BUMN juga terdapat BUMN yang mengelola media yang dapat membantu KBUMN maupun BUMN mengatasi isu maupun krisis.

“Perum LKBN Antara telah berevolusi dari Kantor Berita konvensional menjadi medium komunikasi dan distribusi informasi yang dilakukan secara terintegrasi dari hulu ke hilir melalui layanan Integrated Media and Communication Services (IMCS),” katanya.

Hal ini mengingat lebih dari 200 media telah berlangganan Antara, portal Kantor Berita Antara dibaca lebih dari 8 juta/bulan dan dikunjungi lebih dari 13,5 juta/bulanserta Antara juga memiliki placement di sekitar 68 media di luar jakarta, tambahnya.

Dikatakan selain itu Kantor Berita Antara juga memiliki lebih dari 200 titik indoor-media dan outdoor-media, termasuk 50 di KBRI, stasiun Kereta Api dan sejumlah titik strategis di hampir seluruh indonesia.

Mengutip “endoresement” Pak Arya (Staf Khusus Menteri BUMN), BUMN diajak untuk belajar dari sumbernya.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Sekretaris Kementerian BUMN mengenai Gugus Tugas Sinergi Publikasi Dan Dokumentasi di Lingkungan Kementerian BUMN dan BUMN.

Rapat Koordinasi dibuka oleh Deputy Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Edwin Hidayat Abdullah dan kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Staf Khusus Komunikasi Kementerian BUMN Arya Sinulingga, yang dilanjutkan dengan paparan Kabag Komunikasi & Protokol Kementerian BUMN Ferry Ardianto mengenai Surat Keputusan Sekretaris Kementerian BUMN mengenai Gugus Tugas Sinergi Publikasi Dan Dokumentasi di Lingkungan Kementerian BUMN dan BUMN, dan sambutan dari Ketua Forum Humas BUMN Rohan Hafas.

(Cathelya/Iswahyuni/Sekretariat Perusahaan)