Artikel

DIREKTUR PEMBERITAAN ANTARA EDUKASI MAHASISWA UNEJ TENTANG JURNALISME WARGA

DIREKTUR PEMBERITAAN ANTARA EDUKASI MAHASISWA UNEJ TENTANG JURNALISME WARGA

Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir memberikan edukasi tentang jurnalisme warga kepada mahasiswa Universitas Jember di auditorium kampus Unej, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (20/12) (ANTARA/ Zumrotun Solichah)

 

Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir memberikan edukasi kepada mahasiswa Universitas Jember tentang jurnalisme warga atau citizen journalism. Edukasi tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan bertajuk "Tegalboto Memanggil" yang digagas oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Jember yang digelar di auditorium kampus setempat, Jumat (20/12).

"Kami memberikan pengenalan kepada mahasiswa Universitas Jember tentang jurnalisme warga karena saat ini generasi muda tidak lepas berinteraksi dengan masyarakat luas melalui internet dan media sosial," kata Akhmad Munir.

Di era saat ini, lanjut dia, informasi merupakan bagian penting yang harus dikelola. Oleh karena itu, edukasi kepada mahasiswa perlu dilakukan agar mahasiswa dapat menyebarkan informasi di media sosial dengan menerapkan kaidah jurnalistik.

"Kaidah yang harus dipatuhi oleh jurnalisme warga dalam menyampaikan informasinya di antaranya sesuai fakta, disampaikan dengan bahasa yang santun dan benar, dan menerapkan 5W + 1 H," ucap alumnus FISIP Universitas Jember itu.

Dalam penjelasan materinya yang berjudul "Journalist Beyond 4.0", Munir juga menyampaikan tantangan wartawan dan perusahaan media dalam menghadapi era disrupsi digital.

 

Selain Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA, lokakarya terkait dengan jurnalistik itu juga dihadiri Majelis Etik Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia Dwijo U. Maksum dan wartawan senior Jawa Pos Grup Shodiq Syarif.


Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Ami/Arie/Sekretariat Perusahaan