Bina Lingkungan

ANTARA GOES TO CAMPUS DI UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BERLANGSUNG MERIAH

ANTARA GOES TO CAMPUS DI UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BERLANGSUNG MERIAH

Memperingati Hari Pers Nasional 2020, Perum LKBN ANTARA menyelenggarakan acara Antara Goes to Campus (AGTC) di Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Jumat (7/2). Acara yang diikuti oleh 150 mahasiswa ULM dari berbagai fakultas tersebut mengusung tema “Nge-Vlog ala Kantor Berita Antara”. 

Dalam sambutannya, Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir menjelaskan AGTC merupakan bagian dari tugas ANTARA sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). AGTC rutin diselenggarakan sebagai salah satu program unggulan Bina Lingkungan Perum LKBN ANTARA. Munir menjelaskan tema yang dipilih pada AGTC kali ini mengikuti perkembangan era milenial yang mengharuskan peliputan multimedia.

“Dalam melakukan transformasi korporasi kami sebagai perusahaan pers, maka ANTARA harus melakukan yang namanya peliputan konvergensi. Mudah-mudahan forum ini bermanfaat pada kita smeua dan bisa memberikan kontribusi yang positif pada adik-adik semua,” ujar Munir.

Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc. menyebutkan keberadaan ANTARA menjadi penting di tengah populernya jurnalisme warga (citizen journalism) yang mana semua orang dapat menyebarkan informasi. Menurutnya, ANTARA merupakan sumber informasi resmi untuk mengetahui apakah suatu informasi adalah fakta atau hoaks.

Produser Eksekutif Redaksi Video Kantor Berita ANTARA, Siti Zulaikha atau yang kerap disapa Sizuka, menjadi pembicara pada AGTC kali ini. Sizuka menyampaikan tips dan trik membuat video blog (vlog) yang menarik tetapi tetap informatif.

Diskusi berlangsung interaktif dengan adanya praktik vlog secara langsung. Mahasiswa ULM pun menunjukkan antusiasmenya dengan aktif mengikuti praktik vlog dan menyampaikan pertanyaan-pertanyaan seputar tema.

AGTC ditutup dengan praktik vlog bersama dengan seluruh mahasiswa beserta Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA, Rektor dan Wakil Rektor ULM.

Selain AGTC, Perum LKBN ANTARA juga menyelenggarakan lomba baca berita dan presenter TV untuk umum yang akan dilaksanakan di gerai ANTARA di Pameran Hari Pers Nasional, Taman Siring 0 KM pada 8-9 Februari 2020.

(Ami/Iswahyuni/Sekretariat Perusahaan)