Artikel

TIM AKSI CEPAT TANGGAP SEMPROT DISINFEKTAN DI KANTOR ANTARA BIRO SULTENG

TIM AKSI CEPAT TANGGAP SEMPROT DISINFEKTAN DI KANTOR ANTARA BIRO SULTENG

Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) melakukan penyemprotan disinfektan di Kantor Perum LKBN ANTARA Biro Sulteng, di Palu, Minggu (22/3). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

 

Lembaga Kemanusiaan Global Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Sulawesi Tengah, di Palu, Minggu (22/3), mulai menyemprot disinfektan di Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Sulteng, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19.

"Salah satu yang menjadi fokus kami dalam aksi kemanusiaan ini ialah para awak media dan tempat kerja mereka," ucap Penanggung jawab Program ACT Sulawesi Tengah, Mustafa.

Tim kemanusiaan ACT Sulteng dalam pencegahan penyebaran virus COVID-19 beranggotakan kurang lebih delapan orang, dipimpin langsung oleh Mustafa. Mereka tiba di Kantor LKBN ANTARA sekitar pukul 13.30 WITA, dan langsung melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh ruangan dan halaman Kantor Berita Indonesia itu.

ACT menyediakan kurang lebih 100 liter disinfektan untuk tiga tempat sasaran penyemprotan.

"Dalam sehari kami targetkan tiga tempat. Hari ini di Kantor Berita ANTARA, sekolah dan bank," ujarnya.

Sebelum menyemprot disinfektan di Kantor LKBN ANTARA, Tim ACT telah melakukan penyemprotan di SMAN 3 Palu. Selanjutnya penyemprotan dilanjutkan di BCA Cabang Palu.

"Besok (Senin, 23/3) kami rencananya melanjutkan di Sekretariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palu dan TVRI Sulteng," sebutnya.

Kepala ACT Cabang Sulteng, Nurmarjani Loulembab, mengemukakan kepedulian ACT terhadap awak media dan perusahaan pers, karena ACT menilai mereka yang telah bekerja setiap waktu untuk mengabarkan kepada khalayak terkait virus tersebut.

“Jurnalis itu setiap waktu bekerja di tempat-tempat umum, dan mereka itu sangat rentan tertular virus corona. Oleh karenanya kami ACT Sulteng juga akan melakukan penyemprotan disinfektan di kantor-kantor media, termasuk membantu kebutuhan mereka lainnya,” ujar Nani.

Berkaitan dengan itu, Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sulteng Laode Masrafi mengapresiasi kerja cepat ACT mencegah penyebaran virus Corona lewat penyemprotan disinfektan.

Langkah tersebut sangat membantu melindungi masyarakat dan awak media dari ancaman penyebaran virus Corona.

"Apa yang dilakukan oleh ACT merupakan langkah kemanusiaan yang sangat bermanfaat," sebut Laode Masrafi.

 

Pewarta: Muhammad Hajiji

Editor: Rolex Malaha

 

(Ami/Sekretariat Perusahaan)