Artikel

SELALU MELAKSANAKAN 3M

SELALU MELAKSANAKAN 3M

Penyebaran virus Corona atua Covid-19 harus ditekan semaksimal mungkin. Salah satu cara utamanya adalah dengan menerapkan perilaku disiplin. Ingat selalu pesan Ibu dengan melakukan langkah 3M sebagai upaya mencegah sekaligus memutus rantai penularan Covid-19.

3M itu mudah dilakukan dan bisa mencegah penyebaran virus Covid-19

Melaksanakan 3M yaitu dilakukan dengan cara:

- Menggunakan masker

- Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir

- Menjaga jarak

 

1. Menggunakan Masker

Mengapa harus memaki masker?

Berdasarkan penelitian internasional, memakai masker kain dapat menurunkan risiko penularan Covid-19 sebesar 45 persen. Lebih baik lagi adalah menggunakan masker bedah yang mampu menekan penyebaran virus Covid-19 hingga 70 persen.

2. Mencuci Tangan

Mengapa harus mencuci tangan?

Mencuci tangan meruapakan langkah 3M berikutnya untuk menurunkan risiko Covid-19 sebesar 35 persen. WHO menyarankan, cucilah tangan meggunakan sabun/antiseptik selama 20-30 detk dan menerapkan langkah-langkah yang benar.

Jika dalam kondisi tertentu, semisal tidak ada air dan sabun atau tidak dapat menggunakan air dan sabun untuk membersihkan tangan, solusi lainnya adalah memakai cairan yang berbasis setidaknya 60 persen alkohol seperti hand sanitizer.

3. Menjaga Jarak

Mengapa harus menjaga jarak?

Penerapan 3M yang paling utama adalah menjaga jarak atau social distancing dengan jarak minimal 1,5 meter, termasuk dengan menghindari kerumunan. Jika hal tersebut dilakukan maka akan dapat meminimalisir risiko penyebaran Covid-19 hingga 85 persen.