Kegiatan

DIREKTUR MSDM ANTARA BICARAKAN DUNIA KERJA KEPADA MAHASISWA IPB UNIVERSITY

DIREKTUR MSDM ANTARA BICARAKAN DUNIA KERJA KEPADA MAHASISWA IPB UNIVERSITY
Direktur Keuangan, MSDM dan Umum Perum LKBN ANTARA Nina Kurnia Dewi berbincang dengan 70 mahasiswa IPB University melalui webinar bertajuk SKILLBOOSTER x  Career Faculties Roadshow yang dilaksanakan pada Sabtu (13/3). Webinar tersebut merupakan rangkaian program kolaborasi PSDM BEM KM IPB University, PSDM BEM Se-IPB University, dan Career Development and Assessment IPB University yang dilaksanakan pada Maret 2021.

Pada kesempatan tersebut, Nina menjelaskan tren pekerjaan saat ini memiliki kecenderungan menuju jenis pekerjaan berbasis data dan teknologi untuk menggantikan pekerjaan yang bersifat clerical dan bersifat rutin.

"Optimismenya adalah walaupun banyak pekerjaan yang hilang, yang sifatnya rutin dan clerical tadi, tetapi lebih banyak muncul pekerjaan baru. Dan kedepannya pekerjaan berbasis teknologi akan menjadi dominan," ujar Nina.

Nina menekankan pentingnya mengembangkan beberapa keterampilan yang akan menjadi tren kedepannya, seperti kreativitas dan inovasi, manajemen sumber daya manusia, negosiasi, pengambilan keputusan, berpikir kritis dan penyelesaian masalah.

Pada sesi diskusi, Nina berbincang dengan para mahasiswa peserta webinar terkait pengalaman kerja melalui program magang bagi mahasiswa. Nina juga tidak menutup kemungkinan rekrutmen melalui program magang.

"Bagi organisasi tempat magang, ini adalah sarana untuk melihat kualitas bekerja peserta. Anak magang adalah sumber utama untuk karyawan baru, karena sudah pernah lihat peserta bekerja."

Nina menutup sesi webinar dengan menekankan pentingnya peran universitas untuk memfasilitasi program magang untuk mahasiswa.

(Cathelya/Sekretariat Perusahaan)