Kegiatan

DISKOMINFO-ANTARA BALI TINGKATKAN SINERGI DALAM DISEMINASI INFORMASI

DISKOMINFO-ANTARA BALI TINGKATKAN SINERGI DALAM DISEMINASI INFORMASI
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali Gede Pramana dan Kepala Biro LKBN ANTARA Bali Edy M Ya'kub sepakat untuk meningkatkan sinergi dalam Diseminasi Informasi, guna mendorong pertumbuhan potensi daerah, sekaligus "counter" hoaks/informasi bohong.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri di Kantor Diskominfos Bali, Denpasar, Senin (20/9/2021) itu, keduanya menyepakati pemanfaatan Media Dalam Ruang (TV-Content) dan Media Luar Ruang (Videotron) sebagai sarana penyebaran informasi publik.

"Selama ini, kami sudah menjalin kerja sama dengan Pemprov Bali untuk dua hal penting yakni melakukan 'branding' potensi daerah dan 'counter' hoaks. Kedua hal itu disampaikan kepada publik melalui sharing informasi kegiatan pemprov kepada media massa dan kantor berita asing yang selama ini bermitra dengan ANTARA," kata Edy M Ya'kub.

Kini, LKBN ANTARA memperluas peran "kantor berita" yang selama ini berhubungan dengan media massa dengan peran-peran yang langsung kepada publik, diantaranya share informasi melalui portal ANTARA, koran digital ANTARA Biro Bali, TV-Content atau Indoor Media/I-Media (dalam ruangan), TV Robot/I-Media (dalam ruangan), dan videotron (luar ruangan) di ruang tunggu pada ruang-ruang publik.

"I-Media di Bali sudah terpasang di belasan titik yakni RSUD Gianyar Sanjiwani, Dukcapil Gianyar, Samsat Denpasar, RSUD Bali Mandara, Dukcapil Buleleng, UPT Buleleng, Dukcapil Jembrana, PTSP Jembrana, Dukcapil Bali, PTSP Bangli, RSUD Buleleng, RSUD Jembrana, RSUD Bangli, PM-PTSP Gianyar," katanya.

Kedepan, pihaknya ingin memasang "I-Media" dan "Videotron" bersinergi dengan Pemprov Bali. "Untuk langkah awal, kami mohon dukungan untuk pemasangan I-Media di Bandara Ngurah Rai Bali. Kalau secara nasional, I-Media sudah terpasang pada 111 rumah sakit, 98 kantor pemerintahan, dan 121 ruang publik," kata Edy, didampingi staf LKBN ANTARA Bali, Nyoman Aditya, dan staf lokal 'Antara Digital Media' Bali, Desi Dora.

Didampingi empat stafnya, Kadis Kominfo Provinsi Bali Gede Pramana yang dilantik oleh Gubernur Bali Wayan Koster pada 2 Januari 2020 itu menyatakan siap untuk meningkatkan sinergi dan kerja sama dengan Kantor Berita ANTARA di Bali.

"Program yang dilakukan pemerintah itu tidak ada artinya tanpa dukungan media, termasuk Kantor Berita ANTARA yang selama ini menjadi rujukan media, tentu Pak Gubernur dan Wagub siap mendukung," kata mantan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Bali itu.

Oleh karena itu, Kadis Kominfo Bali menyatakan siap mendukung perluasan diseminasi informasi melalui I-Media yang diharapkan LKBN ANTARA pada sejumlah lokasi strategis, seperti Bandara Bali. "Kami juga siapa membantu kalau ANTARA mau memasang videotron di tengah kota, terutama lokasi yang menjadi jalan provinsi," katanya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Biro LKBN ANTARA Bali Edy M Ya'kub menyerahkan buku "Suara Milenial untuk Bali" kepada Kadis Kominfo Bali Gede Pramana. "Kalau ada bentuk PDF dari buku itu akan kami share ke website Kominfo Bali," kata Gede Pramana tentang buku yang berisi pendapat pelajar SMA/SMK tentang program Gubernur Bali Wayan Koster. (*)

(Edy/Hendi/Sekretariat Perusahaan)