Artikel

ANTARA-TVRI BALI BERSINERGI DALAM PENYEBARAN VIDEO FEATURES INSPIRATIF

ANTARA-TVRI BALI BERSINERGI DALAM PENYEBARAN VIDEO FEATURES INSPIRATIF
Perum LKBN ANTARA Biro Bali bersama LPP TVRI Stasiun Bali menjalin sinergi/kemitraan dalam program diseminasi/penyebaran informasi publik melalui Video Features PSO LKBN ANTARA 2021 untuk menginspirasi masyarakat agar memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Kemitraan itu ditandai dengan penandatanganan Media Order (MO) Kerja Sama dalam Program Diseminasi Informasi Publik antara Kepala Stasiun TVRI Bali I Ketut Leneng dengan Kepala Biro LKBN ANTARA Bali Edy M Ya'kub di Kantor LPP TVRI Stasiun Bali di Denpasar, Jumat (15/10).

"Kami berterima kasih kepada LKBN ANTARA atas kerja sama yang telah resmi disepakati melalui MO yang disepakati bersama. Selama ini, kami hanya menyiarkan berita-berita ANTARA, lalu kami beri audio dan visual, namun sekarang sudah disajikan ANTARA dalam konten yang lengkap (teks, audio, visual)," kata Ketut Leneng.

Ia berharap kerja sama ANTARA dengan TVRI di Bali ini akan semakin memperkuat pengawalan terhadap potensi masyarakat dan pemerintah di Pulau Dewata. Selain itu, kerja sama itu juga akan mendukung migrasi dari TV analog menuju TV digital yang segera dimulai pada April 2022. Saluran Analog TVRI Bali adalah 29 UHF, sedangkan Saluran Digital TVRI Bali adalah 30 UHF.

"Dengan migrasi ke TV Digital itu tentu kami memerlukan konten-konten yang lebih banyak dan berguna bagi masyarakat Bali, karena itu konten-konten features dari ANTARA akan sangat membantu kami, apalagi konten-konten features yang ada sangat inspiratif yang tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Apalagi, Kominfo juga berencana memadukan "kekuatan" TVRI bersama LKBN ANTARA dan LPP RRI dalam "satu redaksi" yang disebut Redaksi Nasional atau Newsroom Nasional. Mirip dengan slogan TVRI sendiri yakni Media Pemersatu Bangsa.

"Saya dengar rencananya ada peluncuran https://www.redaksinasional.id/ atau Newsroom Nasional ANTARA-TVRI-RRI itu pada 28 Oktober 2021," katanya, didampingi sejumlah pejabat struktural TVRI setempat.

Kepala Biro LKBN ANTARA Bali Edy M Ya'kub diwawancarai wartawan TVRI Bali di Kantor LPP TVRI Stasiun Bali, Denpasar, Jumat (15/10).
Wawancara itu terkait kemitraan antara Perum LKBN ANTARA Biro Bali dengan LPP TVRI Stasiun Bali
dalam program diseminasi/penyebaran informasi publik melalui Video Features PSO LKBN ANTARA 2021
untuk menginspirasi masyarakat. (Antara News Bali/Adt)

Sementara itu, Kepala Biro LKBN ANTARA Bali Edy M Ya'kub menjelaskan kerja sama LKBN ANTARA dengan TVRI di Bali itu sebenarnya sudah dirintis sejak dua tahun silam (2019), namun kerja sama tahun ini meningkat dengan 40 konten video features.

"Jadi, tahun ini merupakan tahun ketiga, tapi kerja sama tahun ini jauh lebih meningkat. Yang jelas, TVRI dengan ANTARA memang memiliki 'tugas negara' yang sama yakni mengangkat potensi daerah agar lebih dikenal, berkembang, dan meningkat terus," katanya.

Untuk itulah, LKBN ANTARA mengembangkan informasi dalam bentuk features tentang potensi-potensi yang ada di pelosok negeri untuk menginspirasi dan mengedukasi masyarakat, baik konten lingkungan, ekonomi kreatif, budaya, kerajinan, maupun kearifan lokal lainnya.

"Dengan konten features yang inspiratif dan edukatif itu diharapkan akan membuat daerah menjadi pulih dan bangkit. Tidak hanya itu, konten-konten inspiratif yang banyak akan mampu mengimbangi konten-konten medsos yang hoaks, sehingga masyarakat lebih optimistis. Apalagi, generasi milenial sekarang juga lebih suka konten-konten inspiratif, bukan bad news is good news lagi," katanya.

Penandatanganan MO di Kantor LPP TVRI Stasiun Bali di Jl. Kapten Cok Agung Tresna, Denpasar, Bali itu diakhiri dengan penyerahan cenderamata dan ramah tamah. (*)

Pewarta : Antara News Bali
Editor : Edy M Yakub
COPYRIGHT © ANTARA 2021
(Hendi/Sekretariat Perusahaan)