Kegiatan

ANTARA TERIMA KUNJUNGAN VIRTUAL MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

ANTARA TERIMA KUNJUNGAN VIRTUAL MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Sekretaris Perusahaan Perum LKBN ANTARA Iswahyuni menyambut mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta yang berkunjung secara virtual ke Kantor Berita ANTARA dalam kegiatan “Virtual Company Visit Kantor Berita ANTARA” pada Jum’at (29/10).

Iswahyuni mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang berkeinginan untuk mengunjungi Kantor Berita ANTARA walaupun secara virtual.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman Universitas Negeri Yogyakarta yang walaupun di masa pandemi, keinginannya tinggi ya untuk melihat bagaimana sih sebuah kantor berita ini atau juga mungkin istitusi pers lainnya tetep bisa bertahan di masa pandemi. Mungkin teman-teman penasaran di masa pandemi liputannya seperti apa kemudian apakah ada protokol-protokol yang lain.”

Dalam kegiatan ini, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta mendapatkan materi oleh Kepala Redaksi Konten Komersial & Kerjasama Panca Hari Prabowo mengenai upaya Kantor Berita ANTARA untuk tetap bertahan di situasi pandemi. Selain itu, para mahasiswa juga menyaksikan secara langsung tour di lingkungan Kantor Berita ANTARA yang dilaksanakan secara virtual.

Panca menjelaskan selama masa pandemi, para pekerja wartawan di Kantor Berita ANTARA tetap harus meliput ke lapangan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai situasi pandemi yang berlangsung.  

“Di situasi pandemi, para wartawan mau tidak mau harus turun ke lapangan, mereka harus meliput ke ruang Unit Gawat Darurat di rumah sakit, mereka harus meliput pemakaman saudara-saudara kita yang meninggal dunia karena COVID. Bahkan ketika Kota Jakarta ditutup, semua lalu lintas di sekat, mereka harus tetap melakukan liputan.”

Untuk menjaga keselamatan para rekan wartawan, Panca menyampaikan, ANTARA menyiapkan berbagai restriksi dan beberapa panduan peliputan selama masa pandemi.

“Bagaimana kita kemudian menjaga agar teman-teman tetap selamat, karena tidak ada berita yang seharga dengan nyawa. Nyawa sangat mahal sekali dan bahkan tidak terhitung. Oleh karena itu kita menyiapkan beberapa restriksi dan juga memberikan beberapa panduan, bagaimana meliput selama pandemi.”

Selain sesi pemaparan materi dan live virtual tour, para mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk bertanya seputar Kantor Berita ANTARA. Dikusi berlangsung secara interaktif, para mahasiswa sangat tertarik dengan materi yang disampaikan dan live tour yang diberikan, bahkan mengungkapakn keinginan untuk melakukan magang di ANTARA. Kedepannya ANTARA berharap dapat menerima kunjungan secara langsung, ketika situasi semakin membaik.

 (Angel/Cathelya/Sekretariat Perusahaan)