Kegiatan

ANTARA SELENGGARAKAN PEMBEKALAN CALON KEPALA BIRO

ANTARA SELENGGARAKAN PEMBEKALAN CALON KEPALA BIRO

Departemen Manajemen SDM Perum LKBN ANTARA menyelenggarakan kegiatan pembekalan calon Kepala Biro melalui acara “Onboarding Managership Calon Kepala Biro Perum LKBN ANTARA Tahun 2022” secara luring di Hotel Mercure, Jakarta Pusat pada 21-25 Maret 2022.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya perusahaan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi para pegawai, khususnya calon kepala biro yang akan menjalankan tugas di posisi yang baru. Kegiatan ini adalah bagian dari program Onboarding Managership yang ditujukan untuk memberikan pembekalan serta kemampuan teknis dasar dalam pengelolaan biro.

Rangkaian dibuka dengan acara yang dihadiri oleh Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir, Direktur Keuangan, MSDM dan Manajemen Risiko Nina Kurnia Dewi, GM MSDM dan Umum Purnomo, Redaktur Pelaksana Gusti Nur Cahya Aryani, Redaktur Pelaksana Sapto Heru Purnomojoyo, Redaktur Pelaksana Saptono, Redaktur Pelaksana Teguh Priyanto, dan Koordinator Biro M. Tohamaksun.

Pada sambutannya, Direktur Keuangan, MSDM dan Manajemen Risiko Nina Kurnia Dewi menyambut para peserta dengan antusias.

“Tolong dinikmati, mumpung ketemu semuanya,” ujar Nina.

Nina juga menyoroti lima dari enam calon peserta yang merupakan calon kepala biro perempuan. Untuk mendorong kesetaraan di ANTARA, seluruh calon kepala biro akan mengikuti pelatihan kepemimpinan di masa perubahan.

“Saya akan sharing tentang how women lead dan pesan-pesan srikandi BUMN, intinya adalah how to manage diversity, bagaimana mengelola perubahan,” ujar Nina.

Nina juga menyampaikan pesan khusus dari direksi bagi calon kepala biro luar negeri.

“Harapan kita untuk kepala biro yang di luar negeri ini lebih kepada chief corresponding. Sebetulnya tidak menutup kemungkinan bahwa chief corresponding kita main duty-nya itu, di luar negeri juga bisa memberikan bisnis kepada perusahaan,” ujar Nina.

Acara dilanjutkan dengan arahan dari Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir. Munir menyebutkan perubahan tanggung jawab yang akan diemban oleh para peserta.

“Bagi teman-teman rasanya terkait dengan redaksi sudah nyaris tidak ada persoalan. Yang menjadi pengetahuan baru bagi teman-teman sekarang ini adalah Anda me-manage. Kalau dulu anda menerima tugas dari redaktur pelaksana dan Anda kerjakan, sekarang Anda harus memahami manajemen redaksi terkait kepentingan PSO dan non-PSO,” ujar Munir. 

Keenam peserta pelatihan onboarding calon kepala biro ini adalah adalah Asmen Pemberitaan Biro Jawa Tengah Mahmudah, Pewarta Biro Papua Evarianus Supar, Pewarta Biro Kalimantan Selatan Ulu Maskuriah, Pewarta Biro Kepulauan Riau Yuniati Jannatun Naim, Plt. Kepala Biro Papua Hendrina Dian Kandipi dan Koordinator Liputan Kesra & Karkhas Virna Puspa Setyorini.

(Angel/Cathelya/Sekretariat Perusahaan)