Kegiatan

PEREMPUAN DAN ANAK MUDA ANTARA PERINGATI HARI KARTINI DENGAN KAMPANYE BIJAK BERSOSMED

PEREMPUAN DAN ANAK MUDA ANTARA PERINGATI HARI KARTINI DENGAN KAMPANYE BIJAK BERSOSMED
Organisasi Puan dan Teruna Antara (PENA) menginisiasi acara bertajuk Bermedsos Asyik dengan AKHLAK sebagai kampanye praktik bersosial media yang bijak dan sehat di lingkungan perusahaan dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Kartini 2022.

Salah satu dari rangkaian kegiatan Hari Kartini 2022 “Kartini Reborn Festive” adalah talkshow yang digelar pada Senin dihadiri oleh seluruh jajaran Direksi Perum LKBN Antara dan pembicara Koordinator Gerakan Bijak Bersosmed Enda Nasution, pegiat literasi digital dan founder Kumpulan Emak Bloger Mira Sahid, dan moderator sosial media influencer Manik Prajana.

"Dalam bermedia sosial, yang paling utama bukan 'kebebasan' berekspresi namun 'tanggung jawab' dalam berekspresi," kata Direktur Utama LKBN Antara, Meidyatama Suryadiningrat, saat menyampaikan sambutannya.

Sementara itu Enda Nasution, seorang penulis penulis yang sering dijuluki sebagai "Bapak Blogger Indonesia", mengatakan transformasi digital telah membuat pola komunikasi berubah sehingga orang harus berhati-hati dalam menyampaikan pesan di dunia maya.

"Perusahaan-perusahaan besar saat ini sudah berusaha mengadaptasi perubahan pola komunikasi ini dengan mengeluarkan panduan bermedia sosial bagi karyawan mereka," kata Enda. Ia pun merupakan sosok yang pernah membantu penyusunan panduan media sosial bagi karyawan Komisi Pemberantas Korupsi.

Sementara itu Mira Sahid, pendiri Perkumpulan Emak Blogger, menjelaskan bahwa komunikasi di media sosial memunculkan kemungkinan kekerasan berbasis gender.

"Ada kejahatan-kejahatan berbasis gender yang harus kita waspadai dalam era digital ini. Salah satunya adalah 'cyber grooming' dan 'cyber harassment'," kata Mira.

Selain menyelenggarakan webinar "Bermedsos Asyik dengan Akhlak", PENA juga menggelar lomba foto dan mengampanyekan tagar "1 Status 1 Antara" untuk berbagai pesan positif yang diharapkan bermanfaat bagi perempuan dan generasi muda.
 
(Lintang/Cathelya/PENA)