Kegiatan

PELATIHAN TEKNIK PENULISAN BERITA DAN ARTIKEL DIGELAR DI BIRO ANTARA KEPRI

PELATIHAN TEKNIK PENULISAN BERITA DAN ARTIKEL DIGELAR DI BIRO ANTARA KEPRI
Pelatihan atau coaching clinic terkait teknik penulisan berita dan artikel digelar di Biro Antara Kepulauan Riau (Kepri) sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas produk berita dan artikel sekaligus kompetensi pewarta yang bertugas di wilayah Batam, Tanjungpinang, Bintan, dan Natuna. 

Kepala Biro Antara Kepri Yunianti Jannatun Naim di Batam, Senin, mengatakan pelatihan atau coaching clinic teknik kepenulisan bagi pewarta di Kepri diharapkan mampu meningkatkan kualitas berita dan kompetensi pewarta yang bertugas di wilayahnya.

"Pewarta di Kepri memiliki potensi liputan yang besar untuk digarap dan materi tulisan yang bisa diolah menjadi berita yang menarik untuk disampaikan kepada publik yang lebih luas," katanya.

Coaching clinic tersebut digelar di Kantor Biro Antara Kepri yang beralamat di Sekupang, Batam, selama tiga hari mulai 24-26 Oktober 2022.

Narasumber yang menyampaikan materi yakni Redaktur Pelaksana I Gusti NC Aryani dan Kepala Redaksi Ekonomi Hanni Sofia. Sejumlah materi yang disampaikan mencakup Teknik Penulisan Berita sesuai Stylebook Antara, Tema dan Kisi PSO, dan Teknik Penulisan Artikel. 

Peserta yang terdiri dari lima pewarta pada akhir pelatihan melaksanakan praktik penulisan berita dan artikel yang kemudian dievaluasi secara langsung.

Salah satu peserta pelatihan Cherman yang selama ini bertugas di Kabupaten Natuna mengatakan pelatihan ini membuatnya semakin memahami cara menulis berita dan artikel yang baik.

"Ada begitu banyak hal yang ternyata bisa digarap menjadi berita, meskipun Natuna merupakan pulau yang kecil dan terdepan tapi banyak hal menarik yang ternyata belum dieksplor dan belum diketahui masyarakat luas. Setelah ini saya akan menulis lebih banyak lagi tentang Natuna," kata pria yang sudah menjadi pewarta sejak 2016 itu.

Nikolas Panama (N010)
(hendi/sekretariat perusahaan)