Kegiatan

ANTARA GELAR PRA UJI KOMPETENSI WARTAWAN

ANTARA GELAR PRA UJI KOMPETENSI WARTAWAN

Perum LKBN ANTARA menggandeng Lembaga Pendidikan Antara menyelenggarakan kegiatan Pra Uji Kompetensi Wartawan secara daring melalui Zoom Meeting pada Rabu (14/12).


Acara ini dihadiri oleh Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Pers Dewan Pers Ninik Rahayu, Sekretaris Perusahaan Perum LKBN ANTARA Iswahyuni, Redaktur Pelaksana Teguh Priyanto, Redaktur Pelaksana Gusti Nur Cahya Aryani, GM Layanan Media dan Komunikasi Jaka Sugiyanta serta Kepala Redaksi Foto Prasetyo Utomo.


Iswahyuni dalam sambutannya menjelaskan bahwa Uji Kompetensi Wartawan merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perum LKBN ANTARA yang sudah menjadi agenda tahunan.


“Acara UKW ini merupakan kegiatan tahunan dari ANTARA sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. Karena lingkungan kami yang terdekat adalah wartawan jadi ini merupakan sumbangsih bagi wartawan untuk dapat mengikuti dan mendapatkan sertifikat UKW,” jelas Iswahyuni.


Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh GM Layanan Media dan Komunikasi Jaka Sugiyanto yang membawahi Lembaga Pendidikan Antara. Dalam sambutannya Jaka mengatakan Uji Kompetensi Wartawan ini adalah upaya ANTARA untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di bidang jurnalistik.


“Hari ini kita akan melaksanakan salah satu rangkaian Uji Kompetensi Wartawan ANTARA. Ini adalah Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan ANTARA untuk meningkatkan kualitas SDM di bidang jurnalistik yaitu wartawan,” kata Jaka.


Jaka berharap para peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian Uji Kompetensi Wartawan dengan baik.


“Mari teman-teman silakan manfaatkan terus dan tingkatkan kualitas. Kita mulai UKW hari ini, sukses semuanya untuk menjadi wartawan yang kompeten,” ujar Jaka.


Kegiatan Pra Uji Kompetensi Wartawan ini diikuti oleh 15 peserta, di mana 8 di antaranya merupakan wartawan tingkat muda dan 7 lainnya adalah wartawan tingkat madya. Para peserta akan diberikan pembekalan mengenai standard kompetensi wartawan dan bahasa Indonesia Jurnalistik oleh Redaktur Pelaksana Teguh Priyanto pada sesi pertama. 


Sesi selanjutnya akan diisi oleh Redaktur Pelaksana Gusti Nur Cahya Aryani dengan materi teknik wawancara dan penulisan berita dan Kepala Redaksi Foto Prasetyo Utomo dengan materi pembuatan berita foto, penyuntingan foto dan pembuatan caption.


Selanjutnya di sesi terakhir para peserta akan diberikan materi mengenai kode etik jurnalistik dan hukum pers oleh Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Pers Dewan Pers Ninik Rahayu.

(Angelita/Sekretariat Perusahaan)