Kegiatan

KEPALA LKBN ANTARA BIRO BALI BERPAMITAN DENGAN MITRA

KEPALA LKBN ANTARA BIRO BALI BERPAMITAN DENGAN MITRA
Kepala LKBN ANTARA Biro Bali Edy M. Ya'kuba melakukan pamit-kenal dengan penggantinya Widodo S Jusuf dan awak biro ANTARA Bali pada Jumat (6/1/2023). (*/dok.Biro Bali)

Kepala LKBN ANTARA Biro Bali Edy M. Ya'kub berpamitan dengan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali Gede Pramana dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali Trisno Nugroho menjelang mengakhiri masa tugasnya di Pulau Dewata.

"Sebelum kembali ke Surabaya mulai 16 Januari 2023, saya memang ingin berpamitan dengan sejumlah mitra yang selama ini telah menjalin kerja sama yang baik dengan ANTARA," kata Edy Ya'kub di Denpasar, akhir Desember 2022.

Edy Ya'kub bersama istri dan sejumlah personel ANTARA, belum lama ini diterima dengan suasana hangat dan penuh keakraban oleh Kadis Kominfos Bali (28/12/2022) dan Kepala KPwBI Provinsi Bali (29/12/2022).

"Kami berharap kerja sama yang sudah terjalin baik dalam pemberitaan selama ini, ke depannya juga bisa dilanjutkan dengan Kepala LKBN ANTARA Biro Bali yang baru," ujarnya.

Edy Ya'kub pun menyampaikan bahwa berita-berita yang diproduksi ANTARA tak saja untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan media dalam tugas utama ANTARA sebagai kantor berita, namun ANTARA juga mengemban tugas publik yakni menjadi corong informasi negara melalui penyebaran program dan kebijakan pemerintah untuk kepentingan publik. Juga, kemitraan dengan publik lain melalui magang/riset, diklat jurnalistik, pameran foto, dan kegiatan sosial lain.

"Kami juga siap membantu meng-counter apabila ada informasi negatif tentang Bali, karena kebaikan Bali itu juga untuk kepentingan publik, baik publik dalam artian pemerintah, swasta, masyarakat, maupun publik non-media lain, seperti masyarakat kampus," ucapnya.

Apalagi, berita-berita yang dipublikasikan ANTARA tidak hanya dapat dikutip media nasional, namun juga berpeluang dikutip media internasional, karena ANTARA juga memiliki jejaring global dengan kantor berita asing di setiap negara.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali Gede Pramana mengapresiasi atas upaya sinergi dan kerja sama yang telah terjalin oleh jajaran pemerintahan di Bali dengan ANTARA.

Ia pun berjanji akan melanjutkan dan meningkatkan kerja sama dengan LKBN ANTARA Biro Bali di bawah nakhoda yang baru.

Senada, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali Trisno Nugroho pun menyatakan siap melanjutkan kerja sama dengan ANTARA.

"BI dalam menjalin kerja sama tentu menyesuaikan dengan tingkat keterpengaruhan media," kata mantan Kepala KPwBI DKI Jakarta itu.

Dalam kesempatan tersebut, Trisno juga menyinggung agar ANTARA dapat membantu untuk melakukan "counter" terkait wacana mengenai pembatasan Pemerintah Australia terhadap warga negaranya untuk berkunjung ke Bali.

"Padahal warga Australia tertarik ke Bali karena berbagai pelayanan yang bisa didapatkan di sini dan juga karena ketertarikan budaya," katanya.

Menjelang akhir tugasnya di Bali, Edy juga berpamitan dengan Ketua PWI Bali IGMB Dwikora dan beberapa wartawan senior di Bali saat menghadiri diskusi akhir tahun di Gedung PWI Bali (30/12/2022).

"Intinya, saya ucapkan terima kasih atas  kebersamaan selama ini, dan mohon maaf bila ada komunikasi yang salah dan kurang pas selama ini.
Harapan saya, silaturahmi jalan terus dan seterusnya," kata Edy.

Edy yang bertugas di LKBN ANTARA Biro Bali selama enam tahunan (13 Desember 2016 - 15 Januari 2023) itu juga melakukan pamit-kenal dengan
penggantinya Widodo S Jusuf dan awak biro ANTARA Bali pada Jumat (6/1/2023),serta berpamitan dengan beberapa mitra lain hingga menjadi Redaktur (di Surabaya/Jatim) pada pertengahan Januari 2023. 

"Ini amanah yang tidak ringan, tapi namanya tugas yang saya jalani saya. Saya akan melanjutkan apa yang sudah dilakukan Pak Edy, tapi saya juga akan berusaha melakukan saran Pak Edy untuk mengembangkan ANTARA Biro Bali. Mohon dukungan teman-teman ya," kata Widodo dalam orientasi itu. (*/Ni Luh Rhismawati)
 
(hendi/sekretariat perusahaan)