Kegiatan

SERIKAT PEKERJA ANTARA PERJUANGAN (SPAP) GELAR RAPAT KERJA 2023

SERIKAT PEKERJA ANTARA PERJUANGAN (SPAP) GELAR RAPAT KERJA 2023
Serikat Pekerja Antara Perjuangan (SPAP) menyelenggarakan rapat kerja (Raker) 2023 di Cisarua Kabupaten Bogor Jawa Barat, pada 23-24 Februari 2023.

Dengan mengusung tema “Sinergi Serikat dengan Manajemen dalam Menjaga dan Mengoptimalkan Aset Perusahaan”, Raker SPAP 2023 menghasilkan enam rekomendasi untuk Manajemen Perum LKBN Antara (ANTARA) yakni: 

1. Memasuki tahun politik, ANTARA harus menjaga netralitas dan berkomitmen menjaga profesionalisme di dalam melaksanakan segala bentuk pekerjaan.
2. Aset-aset yang tersebar pasca penjualan gedung harus dipetakan, dikelola dan dioptimalkan penggunaanya agar tetap dapat dimanfaatkan untuk jangka waktu yang lama.
3. Meskipun tengah dalam masa transisi perpindahan gedung, SPAP mendorong penyelesaian Perjanjian Kerja Bersama (PKB), yang telah lama tertunda, di 2023.
4. Mendorong keterbukaan dan transparansi informasi terkait kinerja perusahaan, khususnya kondisi keuangan di tengah transisi suksesi Direksi.
5. Menetapkan durasi waktu pro-hire dan knowledge transfer oleh pro-hire kepada karyawan perusahaan.
6. Mendorong Manajemen untuk mewajibkan seluruh karyawan ANTARA menjadi anggota Serikat Pekerja yang ada di Perum LKBN ANTARA.  

Ketua Pelaksana Raker SPAP 2023 Yungki Yuliandika menyampaikan tema ini merepresentasikan kondisi Perusahaan yang tengah dalam masa transisi, baik itu perpindahan gedung maupun suksesi jajaran Direksi.

“Ini menjadi momentum yang tepat bagi Serikat Pekerja untuk konsisten mengawasi proses transisi itu,” ujar Yungki dalam pidato sambutannya. 

Raker SPAP 2023 turut mengundang Direktur MSDM dan Manajemen Risiko Nina Kurnia Dewi yang diwakili oleh GM MSDM dan Umum Purnomo, Direktur Sinergi BUMN Institute Ahmad Yunus dan Sekretaris Jenderal FSP Sinergi BUMN Budi Cahyono. 

Dalam sambutannya Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Pekerja Sinergi BUMN Budi Cahyono mengatakan dengan jumlah karyawan yang sangat banyak, ANTARA mampu mengelola SDM sebagai aset terpenting sebuah Perusahaan.

“Harus ditegaskan di sini, SDM adalah Mitra Manajemen dalam menjalankan roda Perusahaan, bukan hanya sekedar aset,” tukasnya.
 
(Arie/Sekretariat Perusahaan)