Kegiatan

ANTARA-ANSA TANDATANGANI NOTA KESEPAHAMAN

ANTARA-ANSA TANDATANGANI NOTA KESEPAHAMAN
Perum LKBN ANTARA dan Agenzia Nazionale Stampa Associata (ANSA) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di bidang pertukaran berita dan kerja sama teknis secara hybrid di Kantor ANSA dan secara daring melalui Zoom pada Jumat (12/05).

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA Akhmad Munir dan CEO ANSA Stefano De Alessandri dengan disaksikan oleh Direktur Eropa I Widya Sadnovic dan Duta Besar Italia untuk Indonesia Benedetto Latteri. Penandatanganan MoU ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan Italia, khususnya di bidang pertukaran berita. 

Dalam kesempatan ini, Direktur Pemberitaan Akhmad Munir didampingi oleh Redaktur Pelaksana Gusti Nur Cahya Aryani dan Sekretaris Perusahaan Azhari.

Adapun CEO ANSA Stefano De Alessandri didampingi oleh Head of the International and Digital Business Unit of ANSA Luigi Silvestri, International Business Unit Team, Charge d’Affaires Embassy of Indonesia in Rome Lefianna Hartati Ferdinandus, First Secretary of Embassy of Indonesia in Rome Dilla Trianti Ramadhani dan First Secretary of Embassy of Indonesia in Rome Gilang Gumilar.

CEO ANSA Stefano De Alessandri dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan terhadap penandatanganan MoU ini. Menurut Alessandri, penandatanganan MoU ini merupakan langkah awal untuk kerja sama yang lebih luas di masa yang akan datang.

“Terima kasih kepada kedutaan yang telah mendukung penandatanganan MoU ini. Penandatanganan perjanjian ini bagi saya hanyalah sebuah langkah awal, yang diharapkan akan membawa kita pada kerja sama yang lebih luas,” ujar Alessandri.

Direktur Pemberitaan Akhmad Munir dalam sambutannya mengungkapkan perasaan bangganya atas perjanjian kerja sama yang dilakukaan oleh ANSA dengan ANTARA.

“Kami merasa bangga diajak untuk bermitra dengan ANSA, penandatanganan MoU ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh ANTARA dengan kantor berita di Eropa,” kata Munir.

Direktur Eropa I Widya Sadnovic yang menyaksikan penandatanganan MoU hari ini sangat penting untuk Indonesia dan Italia.

“Saya sangat senang untuk berada di sini dan menyaksikan penandatanganan MoU antara ANSA dan ANTARA. Penandatanganan MoU ini sangat penting, terutama untuk tiga alasan. Pertama, dalam upaya mendekatkan hubungan antara Indonesia dan Italia. Kedua, untuk memperkaut kualitas dari jurnalisme. Ketiga, saya berharap penandatanganan MoU ini dapat membawa pemahaman lebih jauh antara Indonesia dan Italia. ANSA dan ANTARA diharapkan dapat menjadi jembatan, tidak hanya untuk kedua negara, tetapi juga untuk masyarakat Italia dan Indonesia,” kata Widya.

Di sisi lain, Duta Besar Italia untuk Indonesia Benedetto Latteri berharap kerja sama antara ANSA dan ANTARA ini dapat mewujudkan pertukaran berita yang lebih baik.

“Saya sangat senang karena akhirnya ANTARA dan ANSA telah sampai pada penandatanganan MoU ini. Kedepannya penandatanganan MoU ini diharapkan dapat mewujudkan pertukaran berita yang lebih baik antara ANSA dan ANTARA,” ujar Latteri. 
 
(Angelita/Sekretariat Perusahaan)