Artikel

25 TAHUN REFORMASI DALAM BIDIKAN LENSA PEWARTA ANTARA

25 TAHUN REFORMASI DALAM BIDIKAN LENSA PEWARTA ANTARA

Guna memperingati 25 Tahun Reformasi Indonesia, Kantor Berita ANTARA melalui Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) menampilkan 25 foto jurnalistik pada pameran bertajuk “ANTARA Mei 1998” yang diselenggarakan di Posbloc, Jakarta dan dibuka secara resmi pada Selasa (30/05).

 

Pameran yang berlangsung pada 30 Mei hingga 4 Juni 2023 ini menampilkan arsip foto Kantor Berita ANTARA yang diambil di tengah pergerakan mahasiswa di Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta pada awal Mei 1998 sampai dengan pengunduran diri Presiden Soeharto dan dilantiknya BJ Habibie sebagai Presiden RI pada 21 Mei 1998.

 

Pewarta foto Kantor Berita ANTARA kala itu, Saptono, Maha Eka Swasta, Zarqoni Maksum, Pandu Dewantara, Jaka Sugiyanta, Mosista Pambudi, Yusnirsyah Sirin, Oscar Motuloh, Hermanus Prihatna, dan Hadiyanto, berada di garis depan peristiwa demi peristiwa yang berlangsung pada Mei 1998. Di sudut lain, pewarta foto senior ANTARA, Ali Anwar bertugas untuk memantau dinamika di dalam tembok Istana Presiden. 

 

Selain memperingati 25 Tahun Reformasi, pameran ini juga merupakan penghargaan Kantor Berita ANTARA untuk para pewarta foto senior yang beberapa di antaranya akan memasuki masa purna tugas di tahun 2023 ini. 

 

Kurator Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) Ismar Patrizki berharap pameran “ANTARA Mei 1998” ini dapat dijadikan sebagai sebuah retrospeksi atas sejarah Indonesia. Tidak hanya itu, pameran ini juga diharapkan dapat menjadi refleksi terhadap belum terselesaikannya berbagai permasalahan korupsi, kolusi dan nepotisme di negeri ini.   Ismar juga berharap ini menjadi waktu untuk saling berbenah diri, mengawal penuh penegakan hukum demi melanjutkan semangat reformasi.

 

Pembukaan pameran dihadiri oleh Ketua Dewan Pengawas LKBN ANTARA Prof. Dr. Widodo Muktiyo, Anggota Dewan Pengawas Mayong Suryo Laksono dan Monang Sinaga, Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA Akhmad Munir, Direktur Komersil, Pengembangan Bisnis dan Teknologi Informasi Jaka Sugiyanta, Direktur Keuangan Nina Kurnia Dewi dan beberapa perwakilan aktivis 98, diantaranya Ardian Napitupulu.

“Mungkin itu momentum yang menurut banyak orang, itu momentum terbaik karena di situ ada mahasiswa yang bergembira dan di situ ada Soeharto sedang tayangan langsung di TV," cerita Saptono ketika diminta menceritakan momen pengambilan foto di tahun 1998.

 

Pembukaan pameran foto tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan dari penyanyi Sandhy Sondoro dan band Coconut Treez. 

 

ANTARA merupakan kantor berita perjuangan yang hadir sejak 13 Desember 1937 dan telah mengawal setiap perjalanan sejarah di Indonesia. Bersama 34 biro di dalam dan luar negeri, ANTARA berusaha untuk mendistribusikan berita yang akurat, cepat dan terpercaya. Kantor Berita ANTARA rutin melaksanakan pameran foto jurnalistik dan arsip bersejarah melalui Galeri Foto Jurnalistik Antara, baik di Galeri Pasar Baru maupun lokasi lainnya di seluruh Indonesia.

 

(Cathelya/Angelita/Sekretariat Perusahaan)