Kegiatan

OMBUDSMAN-ANTARA SUMSEL DISKUSIKAN DINAMIKA LAYANAN PUBLIK

OMBUDSMAN-ANTARA SUMSEL DISKUSIKAN DINAMIKA LAYANAN PUBLIK
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Selatan M Adrian Agustiansyah berfoto bersama dengan Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Provinsi Sumatera Selatan usai kunjungan dan diskusi terkait layanan publik, (ANTARA/HO/Ist)

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Selatan M Adrian Agustiansyah melakukan kunjungan ke Perum LKBN ANTARA Biro Sumsel di Bukit Besar Kota Palembang, Jumat (26/5) sekaligus melakukan diskusi dinamika layanan publik di daerah itu.

Tim Obudsman diterima oleh Kepala Biro LKBN ANTARA Biro Sumatera Selatan Syarif Abdullah dan tim redaksi kantor berita itu.

"Dengan kekuatan kami yang terbatas, berusaha untuk mengcover semua daerah kabupaten/kota. Bukan sekedar menerima pengaduan, tapi juga sekaligus melakukan edukasi kepada institusi layanan publik dan juga masyarakat," kata Adrian.

Ia menyebutkan, sebagian besar pengaduan menurut Adrian masih dari layanan sektor pendidikan, kependudukan dan perizinan. Ombudsman telah memetakan berbagai pengaduan dan menindak lanjutinya ke institusi terkait.

"Tahun ini kami konsen ke sektor pendidikan, layanan pendidikan. Karena banyak laporan dimana masalahnya terus terjadi dan berulang setiap tahun. Itu fokus kita, antara lain Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan juga pungutan-pungutan," katanya.

Dari beberapa laporan pengaduan yang masuk, pihaknya langsung menindak lanjuti ke institusi terkait dan akhirnya bisa dicegah, atau ada tindak lanjut dari pihak terkait untuk perbaikan sistem layanannya.

Tak hanya menerima pengaduan dari masyarakat semata, Ombudsman Sumsel juga melakukan pemetaan dan juga survei dalam menindak lanjuti permasalahan warga.

"Kita juga melakukan pemetaan dan bahkan survei bila ada potensi pengaduan warga. Sehingga bisa memberikan masukan-masukan kepada pihak terkait," katanya.

Ia mengaku sangat butuh partner dalam menjalankan fungsi dan tugasnya, termasuk dengan media massa. Ombudsman juga merekrut "Dulur Ombudsman" di kabupaten/kota yang menjadi jejaring di daerah.

Sementara itu Kepala Kantor Perum LKBN ANTARA Biro Sumsel Syarif Abdullah menyebutkan Ombudsman merupakan salah satu partner lapangan bagi pewarta. Tak hanya sebagai nara sumber berita, namun bisa melakukan kolaborasi untuk mendorong pelayanan publik tetap bergulir dengan standar yang terbaik.

Pewarta : Pewarta Sumsel
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2023
(hendi/sekretariat perusahaan)