Artikel

Artikel

KULINERAN MALAM SUASANA TRADISIONAL BARENG PJ WALI KOTA BATU

KULINERAN MALAM SUASANA TRADISIONAL BARENG  PJ WALI KOTA BATU

 

Batu (ANTARA) - Kota Batu tidak asing lagi bagi para wisatawan lokal bahkan mancanegara terlebih dengan sajian kuliner khas masakan "omahan" dapat menggugah selera pengunjung.

ANTARA Jatim berkesempatan makan bersama dengan Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai beserta jajarannya di salah satu restoran yang bernuansa tradisional di wilayah setempat, tepatnya di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, yakni Warung Ardiasih.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Pemerintah Kota Batu tersebut berterima kasih kepada Kepala Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Jawa Timur Rachmad Hidayat beserta jajaran telah memilih wilayahnya sebagai tempat untuk Family Gathering tahunan.

Selain itu, Aries berharap agar seluruh keluarga besar ANTARA Jatim dapat menikmati Kota Wisata Batu termasuk kulinernya.

Mengusung konsep Jawa klasik, Warung Ardiasih menyediakan aneka masakan khas "omahan Jawa".

Untuk menu masakan, ada beberapa olahan daging sapi seperti krengsengan daging, kikil pedas, empal gepuk hingga sayur pedes tetelan.

 

Sementara, untuk olahan ayam dan bebek ada rica-rica mentok, bebek serundeng, ayam kalasan kremes, ayam songkem hingga ayam lodho.

Selain itu, ada juga aneka sayuran yang di antaranya oseng-oseng buncis, kacang panjang, sambel goreng manisa, lodeh, hingga bobor. Pilihan nasinya ada dua, yakni nasi putih dan nasi empok atau nasi jagung.

Tak hanya itu, untuk makanan ringannya atau gorengan ada tempe goreng, ote-ote atau weci, dadar jagung, mendol, pisang goreng dan lainnya.

Untuk menu minumannya ada aneka kopi seperti es kopi raden, es kopi ratu, es kopi klepon, kopi bambang, hazelnut latte, coffee latte, cappuccino, matcha espresso, mocha black forest.

Bagi yang tidak cocok dengan kopi ada menu yang berbasis teh seperti teh leci, teh stroberi apel hingga teh lemon madu.

Tidak ketinggalan juga tersedia menu kekinian yang sudah umum seperti ice chocolate, red velvet, taro, matcha, dan chocomint.

Jika makan di Warung Ardiasih, para pengunjung merasa seperti sedang berada di Kampung Jawa, karena semua bangunan di tempat tersebut sangat khas, termasuk furnitur dan perabot-perabotnya juga ala-ala Jawa tempo dulu. Meskipun ada juga furnitur yang bergaya modern minimalis.

Bagi wisatawan yang suka berburu kuliner dengan suasana instagramable, Warung Ardiasih adalah pilihan yang tepat karena setiap sudutnya sangat ikonik.

Selain lokasinya yang berada di ketinggian dengan semilirnya angin ditambah hawa dingin bercampur sejuk, harga per menunya membuat pengunjung tidak perlu cemas  karena masih cukup terjangkau, berkisar antara Rp2000 hingga Rp40 ribu.
Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani