Artikel

ANTARA PERKUAT PERAN PELAYANAN PUBLIK & KOMUNITAS MEDIA

ANTARA PERKUAT PERAN PELAYANAN PUBLIK & KOMUNITAS MEDIA

Perum LKBN ANTARA menyelenggarakan kick-off riset korporat untuk memperkuat peran penting Lembaga Kantor Berita Nasional, dalam melayani informasi bagi publik sekaligus komunitas media di Indonesia.

 

Hal tersebut sesuai marwah LKBN ANTARA dalam melaksanakan tugas jurnalistik media massa sesuai kode etik kewartawanan. Serta menyebarluaskan informasi yang mendidik, mencerahkan, dan memberdayakan, yang didasarkan semangat nasionalisme kepada NKRI.

 

Dalam sambutan pada kick-off  tersebut, Selasa, 25 Juli 2023 di Jakarta, Plt. Dirut Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir mengajak Direktur Keuangan Nina Kurnia Dewi dan Direktur Komersil, Pengembangan Bisnis dan TI Jaka Sugiyanta. Munir juga didampingi oleh Sekretaris Perusahaan Azhari, Redaktur Pelaksana Gusti Nur Cahya Aryani dan Teguh Priyanto, GM Manajemen Strategis dan Riset Perusahaan Tiara Ratri, GM MSDM dan Umum Purnomo, GM Teknologi Informasi Darwito, GM Layanan Data Julfan Nurhadi.

 

Perum LKBN ANTARA mengambil peran sebagai rumah penjernih informasi (clearing house of information), serta penyeimbang media di tengah era informasi yang kian membanjiri publik. Selaras dengan arahan Presiden RI Joko Widodo pada peringatan Hari Pers Nasional 2023 di Medan 9 Februari lalu, bahwa media arus utama wajib menyajikan informasi yang terverifikasi dan menjalankan peran sebagai communication of hope, yakni memberi harapan dan membangun optimisme kepada masyarakat luas.

 

Riset korporat tersebut bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sosial Politik (LPPSP) Universitas Indonesia. Dr. Ummi Salamah M.Si selaku Direktur LPPSP UI mengatakan bahwa Antara adalah harapan dari informasi terkurasi dari bagian sistem komunikasi dainformasi yang sehat dan perlu ada pembelaan dari negara.

 

Pada pesta demokrasi Indonesia, yakni puncaknya di tahun 2024, Perum LKBN ANTARA harus menjadi media pemersatu bangsa dan sumber literasi informasi. Di mana menjadi rujukan wawasan bagi komunitas media massa, sekaligus selalu hadir di pelosok Indonesia, untuk menebarkan semangat optimisme dan kebangsaan.

(Cathelya/Sekretariat Perusahaan)