Kegiatan

ANTARA BIRO KALTIM DAN TIM MONEV KEMKOMINFO KUNJUNGI TITIK NOL IKN NUSANTARA

ANTARA BIRO KALTIM DAN TIM MONEV KEMKOMINFO KUNJUNGI TITIK NOL IKN NUSANTARA
Tim Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Tim Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama ANTARA Biro Kalimantan Timur mengunjungi Titik Nol Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Jumat (21/7).

Kunjungan itu merupakan rangkaian kegiatan Monitoring dan Evaluasi di Perum LKBN ANTARA Biro Kalimantan Timur yang berlangsung pada 20-21 Juli 2023.

Perjalanan menuju Titik Nol di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ditempuh selepas tim mengunjungi Balikpapan TV di Batu Ampar Balikpapan, pada Jumat siang.

Durasi perjalanan sekira 2,5 jam dari Balikpapan ditempuh menuju Kabupaten Kutai Kartanegara melewati bukit Soeharto. Di sejumlah titik di Jalan Raya Samboja-Sepaku, kami menjumpai satwa liar seperti monyet dan bekatan.

Rupanya, terdapat baliho di jalan menuju Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara itu yang menerangkan keberadaan satwa liar yang dilindungi di koridor kawasan IKN Nusantara.

Tim yang melinatas jalan itu sempat ingin membuka jendela mobil guna memotret monyet dan bekatan yang kebetulan dapat dijumpai di jalan. Tapi, salah satu reporter Biro, Muhammad Ghofar melarang kami membuka jendela karena risiko monyet itu menjarah barang bawaan kami di mobil.

Perjalanan kembali dilanjutkan, lewat ruas jalan dua jalur yang telah ramai dengan kendaraan-kendaraan berat konstruksi. Tim memutuskan menepi di salah satu rumah makan saat jam menunjukkan waktu makan siang sebelum melanjutkan ke Titik Nol.

Masuk di jalan menuju Titik Nol Nusantara, tampak sejumlah mobil yang sudah menunggu izin untuk masuk kawasan itu. Petugas jaga pos memberhentikan mobil-mobil yang akan masuk karena terjadi longsor di salah satu jalan akses ke Titik Nol.

Setelah menunjukkan surat kunjungan ke Otorita IKN Nusantara dan memastikan mobil tidak masuk ke jalan rawan longsor, Tim Kominfo dan ANTARA Biro Kaltim dipersilakan masuk oleh petugas jaga pos.

Hanya saja, kami harus berjalan kaki sekira 300 meter menuju Titik Nol dari lokasi berhenti mobil.

"Ini pertama kalinya, saya menungunjungi Titik Nol, sekaligus IKN Nusantara," kata Auditor ahli muda Itjen IKP Kominfo Desy Hertina Putri.

Kepenatan yang semula dijumpai di raut wajah mereka selepas jalan kaki, berangsur-angsur ganti dengan kegembiraan manakala mereka mencapai patok Titik Nol Nusantara dan berfoto-foto di lokasi itu.

Satu, dua, tiga foto rasanya tidak memuaskan tim Kominfo dan ANTARA Biro Kaltim, tapi kami harus bergegas kembali ke Balikpapan karena hari sudah mulai petang.

Di sepanjang perjalanan kembali ke Balikpapan, Tim Kominfo menjumpai penjaja durian lay dan turun dari mobil untuk mencicip beberapa butir. 

Seperti diduga, kami masuk mobil dengan dua-tiga buah durian lay masing-masing. Durian lay tidak berbau menyengat dan rasanya lebih ringan dibanding durian biasa.

Plt Kepala Biro ANTARA Kaltim Imam Santoso menyampaikan ANTARA siap mendampingi Tim Kominfo yang akan mengunjungi IKN Nusantara.

"Semoga foto-foto di Titik Nol Nusantara menjadi 'oleh-oleh' istimewa bagi rekan-rekan Kominfo yang baru pertama kali ke sana," kata Imam.
 
(Angelita/Sekretariat Perusahaan)