Kegiatan

LKBN ANTARA MALUKU ISI WORKSHOP KEHUMASAN KANWIL BEA CUKAI MALUKU

LKBN ANTARA MALUKU ISI WORKSHOP KEHUMASAN KANWIL BEA CUKAI MALUKU
Ambon (ANTARA) -  Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara  Biro Maluku berkesempatan mengisi Workshop Kehumasan di yang digelar Kantor Perwakilan Wilayah  Bea Cukai Maluku dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan  pola komunikasi yang baik.

Kegiatan  berlangsung di Aula lantai dua Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) Bea Cukai Maluku  pada Kamis 27 Juli 2023 dihadiri Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Bea Cukai Maluku Djaka Kusmartata.

Workshop diikuti oleh jajan humas Kanwil Bea Cukai Maluku serta humas jajaran Kementerian Keuangan di provinsi itu.

Kegiatan dibuka langsung oleh  Djaka  Kusmartata yang juga merupakan Kepala Perwakilan Kementerian  Keuangan provinsi Maluku  dengan mengusung tema  "Humas berkesan, Kemenkeu terdepan".

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Bea Cukai Maluku Djaka Kusmartata dalam sambutannya menyampaikan kegiatan dilaksanakan dalam beberapa sesi materi yaitu  teknik fotografi, video jurnalistik teknik menulis berita, Manajemen pengelolaan Media sosial, infografis hingga pengelolaan website.

"Hal ini menjadi kebutuhan kita sekarang dengan kondisi dan situasi dengan maraknya hoaks namun ada yang perlu diklarifikasi dan ada yang bisa dimaklumi" lanjut Djaka menyampaikan

Selain itu ia berpesan  kepada jajaran  pegawai Kementerian keuangan mengoptimalkan fungsi  humas, pengolahan konten serta komunikasi yang bijak dan mencerdaskan. 

"Dengan hal itu dilakukan bisa mendapat aura dan respon positif dari netizen," kata Djaka

Djaka menyampaikan  hal ini harus dioptimalisasikan karena di dalam berkomunikasi harus berintegritas jangan sampai respon salah. 

"Setelah kegiatan produk yang diposting di media sosial masing-masing betul-betul diimplementasikan,"ujarnya. 

Workshop diisi langsung oleh  Kepala Biro Antara Maluku Ikhwan Wahyudi yang menyampaikan materi tentang teknik fotografi, dan teknik menulis berita serta manajemen media sosial dan website.

Ia menyampaikan sekarang era digital dan keterbukaan informasi publik sehingga peran humas harus lebih optimal menyampaikan apa yang sudah dikerjakan.

"Apalagi jajaran Kementerian Keuangan termasuk bea cukai di daerah punya peran strategis dan salah satu kunci keberhasilan tugas adalah apa yang menjadi program dan kebijakan tersampaikan secara baik dalam bentuk berita, foto hingga konten di media sosial," kata dia.

 
Pewarta: Aris Munandar
Editor : Ikhwan Wahyudi
 
(Angelita/Sekretariat Perusahaan)