Artikel

ANTARA LAKSANAKAN KICK-OFF AUDIT TAHUN BUKU 2023

ANTARA LAKSANAKAN KICK-OFF AUDIT TAHUN BUKU 2023
Antara melaksanakan Kick-off Audit Tahun Buku 2023 bersama Mitra Jasa Audit Kantor Akuntan Publik (KAP) Amir Abadi Jusuf, Aryanto, Mawar & Rekan (RSM Indonesia) secara hybrid di Wisma Antara B, Jakarta dan melalui Zoom Meeting pada Senin (16/10).

Acara diikuti oleh Engagement Partner RSM Indonesia Eishennoraz, Manager in Charge Adly A. Gunawan, Ketua Dewan Pengawas Perum LKBN Antara Kemal Gani, Anggota Dewan Pengawas Mayong Suryolaksono, dan Anggota Dewan Pengawas Monang Sinaga yang juga Ketua Komite Audit, Direktur Utama Akhmad Munir, Direktur Keuangan dan MR Nina Kurnia Dewi, Direktur Komersil, Pengembangan Bisnis dan TI Jaka Sugiyanta, dan Direktur Pemberitaan Irfan Junaidi.

RSM Indonesia telah ditunjuk sebagai Mitra Jasa Audit untuk Laporan Keuangan Konsolidasi, Audit Kepatuhan, Audit Evaluasi Kinerja, Tingkat Kesehatan dan PKBL Perum LKBN ANTARA, Anak Usaha, dan Yayasan Kesejahteraan Karyawan Pensiunan ANTARA untuk tahun buku 2023.

Direktur Keuangan dan MR ANTARA Nina Kurnia Dewi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada RSM Indonesia yang keempat kalinya ditunjuk sebagai Mitra Jasa Audit.

"Terima kasih selama tiga tahun sudah menyertai ANTARA dalam memperbaiki terus kemampuan pencatatan keuangan maupun hal-hal lain terkait kepatuan terhadap semua regulasi yang ada di lingkungan Perum LKBN ANTARA," ujar Nina.

Senada dengan Nina, Direktur Utama Akhmad Munir berharap ANTARA, baik di induk perusahaan maupun di anak perusahaan, dapat berkolaborasi dengan RSM Indonesia lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Munir menekankan beberapa aspek yang harus diperhatikan pada audit pada tahun buku 2023.

"Terutama tentang mitigasi masalah dan respon-respon yang harus segera ditindaklanjuti oleh Antara sehingga pencatatan-pencatatan yang ada selama ini sesuai dengan PSAK yang berlaku dan sesuai dengan regulasi-regulasi yang harus kita patuhi bersama," pesan Munir.

Engagement Partner RSM Indonesia Eishennoraz menyampaikan bahwa tahun 2023 merupakan tahun peningkatan kualitas bagi RSM Indonesia. 

"Kami menerapkan standar terkait pengendalian mutu, yang mana kualitas harus kami nomor satukan," ujar lelaki yang akrab dipanggil Seno tersebut.

Seno berharap kolaborasi dengan tim ANTARA, khususnya Satuan Pengawas Internal (SPI) dapat ditingkatkan selama audit berjalan.

"Nanti pasti kita akan sangat ketat untuk mengawal bersama SPI. Kami minta SPI tetap continue untuk membantu kami," pesan Seno. 

Anggota Dewan Pengawas sekaligus Ketua Komite Audit Monang Sinaga berharap dengan sepak terjang sinergi ANTARA dan RSM Indonesia yang sudah berlangsung selama tiga tahun, kendala teknis dan komunikasi sudah dapat diminimalisasi.

"Harus ada area of improvement, baik bagi RSM Indonesia dan juga ANTARA sendiri," pesan Monang.

Turut hadir Direksi Anak Perusahaan ANTARA ETP, Ketua Satuan Pengawas Internal Darlim Tampubolon, GM Keuangan Heri Fadianto yang juga menjabat sebagai Pengurus Yayasan Kesejahteraan Karyawan Pensiunan ANTARA, dan GM MSDM & Umum Purnomo.

(Cathelya/Sekretariat Perusahaan)