Kegiatan

KANTOR BERITA ANTARA BIRO PAPUA BAGI PENGALAMAN TULIS LAPORAN BERKEDALAMAN BERITA EKONOMI

KANTOR BERITA ANTARA BIRO PAPUA BAGI PENGALAMAN TULIS LAPORAN BERKEDALAMAN BERITA EKONOMI
Perum LKBN ANTARA Biro Papua berbagi pengalaman dan trik menulis laporan berkedalaman untuk berita ekonomi secara mudah.

Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Papua Hendrina Dian Kandipi di Manado, Jumat, mengatakan karya penulisan berita berjenis laporan berkedalaman dapat membantu pembaca mengetahui suatu topik secara lebih detail.
 
"Terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam teknis penulisan laporan mendalam dimulai dengan topik menarik, menggabungkan data dengan narasi dan mencari cari fakta yang tepat," katanya saat memberikan pelatihan menulis laporan berkedalaman pada pertemuan media OJK Papua di Manado.
 
Menurut dia, menulis berita ekonomi berbeda dengan berita jenis lainnya sehingga dengan laporan berkedalaman maka topik atau isu yang hendak disajikan melalui tulisan dapat diperdalam sesuai kebutuhan.

"Menulis 'indepth reporting' (laporan berkedalaman) pada berita ekonomi misalnya, membutuhkan teknik khusus dan kehati-hatian saat mencari sumber informasi," ujarnya.

Dia menjelaskan berita ekonomi terkadang terdiri atas banyak data dan angka sehingga jika dijadikan laporan berkedalaman dapat membantu pembaca memahami suatu isu atau topik.
 
"Dengan 'indepth reporting' maka isu ekonomi yang memiliki banyak data dan angka bisa disajikan lebih terinci serta mempermudah pembaca memahami apa yang ingin disajikan dalam bentuk tulisan," katanya.
 
Melalui berbagi pengetahuan terkait dengan penulisan laporan berkedalaman untuk berita ekonomi, dia mengharapkan, para jurnalis, khususnya di Papua, dapat menghasilkan karya jurnalistik yang lebih baik.
 
Pewarta: Qadri Pratiwi
Uploader : Musriadi
COPYRIGHT © ANTARA 2023 

Artikel ini telah diunggah di portal Antaranews Papua pada Jumat, 1 Desember 2023 10:06 WIB dan dapat diakses melalui tautan ini .
(Cathelya/Sekretariat Perusahaan)