Artikel

BAKAMLA BERSAMA ANTARA DAN JBN TANAM TERUMBU KARANG DI PERAIRAN NATUNA

BAKAMLA BERSAMA ANTARA DAN JBN TANAM TERUMBU KARANG DI PERAIRAN NATUNA

Natuna (ANTARA) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia (RI) bersama Lembaga Kantor Berita Negara (LKBN) ANTARA dan Komunitas Jelajah Bahari Natuna, menanam terumbu karang di perairan Geosite Tanjung Senubing, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Kepala Stasiun Bakamla Natuna Kapten Ilham di Natuna, Kamis, mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI.

Adapun tujuan kegiatan adalah untuk membantu komunitas JBN memulihkan terumbu karang di daerah setempat.

Kata dia, tak hanya ANTARA dan JBN, namun kegiatan juga didukung oleh Badan Intelijen Negara (BIN), Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Komunitas Tiba-Tiba Camp (TTC), Komunitas Paddle dan pengusaha setempat.

"Intinya Bakamla RI dalam hal ini Stasiun Bakamla Natuna mendukung kegiatan pemulihan terumbu karang oleh komunitas di Natuna dalam memperingati HUT RI tahun ini," ucap dia.

Menurut dia, kolaborasi yang dilakukan merupakan salah satu simbol persatuan dalam meningkatkan nilai nasionalisme menuju nusantara baru, Indonesia maju.

Tidak hanya menanam terumbu karang, pada kegiatan itu juga dilaksanakan pengibaran bendera bawah laut yang dilakukan 14 penyelam, terdiri atas empat orang Scuba Diving dan 10 orang Free Diving. 

"Terpilihnya Senubing sebagai lokasi juga karena berada di wilayah kantor Stasiun Bakamla Natuna dan di situ juga sebagai ikon wisata Natuna," ujar dia.

Terpisah, Kepala Biro LKBN ANTARA Kepulauan Riau Yunianti Jannatun Naim, mengatakan ANTARA komitmen mendukung setiap gerakan dan kegiatan pelestarian lingkungan.

Kata dia, kegiatan serupa tidak hanya dilakukan pada tahun ini, melainkan juga di beberapa tahun sebelumnya. 

"Sebagai negara Kepulauan dan provinsi kepulauan, sudah sepatutnya kita menjaga kelestarian alam bawah laut," ucap dia.

Ia berharap aksi kecil yang dibuat bisa memberikan manfaat lebih baik kepada alam hingga masyarakat. 

"Kami harap kontribusi kecil ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Natuna," ujar dia.

Sementara, Leader JBN Cherman mengapresiasi kepedulian semua komponen yang terlibat.

Menurut dia, dukungan yang diberikan nantinya bisa menjadii contoh bagi yang lainnya, sebab menjaga lingkungan bukan tugas individu melainkan bersama.

"Terima kasih kepada pihak-pihak yang telah terlibat untuk mensuport kegiatan ini," ucap dia.

 

Pewarta: Muhamad Nurman
Editor : Angiela Chantiequ

COPYRIGHT © ANTARA 2024

Artikel ini telah diunggah di portal Antaranews Kepri pada Kamis, 15 Agustus 2024 18:39 WIB dan dapat diakses melalui tautan ini .

(Desta/Sekretariat Perusahaan)