Artikel

KANTOR BERITA ANTARA MENYELANGGARAKAN KURSUS DASAR PEWARTA XIX 2019 UNTUK CALON WARTAWAN ANTARA

KANTOR BERITA ANTARA MENYELANGGARAKAN KURSUS DASAR PEWARTA XIX 2019 UNTUK CALON WARTAWAN ANTARA

Pimpinan Perum LKBN Antara, Direktur Komersial & Pengembangan Bisnis Hempi N Prajudi (baju lengan panjang putih) dan disebelahnya  Direktur Pemberitaan Akhmad Munir foto bersama dengan Manajer SDM, Tiara Purnama Ratri di acara penutupan SUSDAPE XIX 2019


Perum LKBN Antara menyelenggarakan Kursus Dasar Pewarta (SUSDAPE) XIX 2019. Pelaksanaan SUSDAPE dimulai sejak tanggal 21 Januari s/d 22 Mei 2019 di Lembaga Pendidikan Jurnalistik Antara (LPJA), Pasar Baru.

Rangkaian acara SUSDAPE XIX dimulai dengan tahapan pemberian materi teori tanggal 21 Januari s/d 19 Februari 2019, dilajutkan outbound 20 s/d 22 Februari 2019 dan selanjutnya materi praktikum/mentoring 25 Februari s/d 22 Mei 2019.

Total peserta SUSDAPE XIX berjumlah 33 orang dengan rincian 9 orang fresh graduate, 13 orang kontributor pusat (Jakarta) dan 11 orang kontributor (stringer Biro Daerah). Dengan komposisi gender terdapat 21 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan.

Kegiatan pelatihan dasar pewarta ini diisi dengan materi jurnalistik konvergensi meliputi teori dasar dan praktikum jurnalistik tulis, foto, online, TV dan infografis dengan pengajar dari internal LKBN Antara meliputi wartawan senior Antara, jajaran pimpinan, tokoh pers dan akademisi, narasumber internal non redaksi yang memperkenalkan tentang Antara serta sejumlah narasumber tamu.

Pada akhir pelatihan tanggal 28-29 Mei 2019 akan dilaksanakan ujian komprehensif. Ujian komprehensif meliputi ujian lisan/wawancara berbasis materi uji kompetensi wartawan jenjang muda antara lain kemampuan membuat perencanaan liputan, melakukan wawancara, membuat berita dalam format teks, foto, video dan infografis dan juga membuka jejaring/lobi. Dalam uji lisan/wawancara, praktik wawancara/jumpa pers, kami mengundang narasumber Bapak Tosca Santoso, Dewan Pengawas Perum LKBN Antara.

Setelah selesainya kegiatan SUSDAPE XIX 2019, maka para peserta memasuki tahap pelatihan magang kerja (on the job training) di Direktorat Pemberitaan Perum LKBN Antara untuk masa tugas selama tiga bulan. Pelaksanaan on the job training merupakan bagian dari kegiatan SUSDAPE, sehingga kegiatan ini menjadi bagian dari penilaian yang akan menentukan kelulusan siswa SUSDAPE. Selanjutnya Lembaga Pendidikan Jurnalistik Antara (LPJA) akan menerbitkan sertifikat kelulusan setelah masa pelaksanaan on teh job training berakhir, dengan didahului rapat kelulusan yang dipimpin oleh Ketua Tim Rekrutmen dan penentuan akhir oleh Direksi.

(Hendi/Iswahyuni/Sekretariat Perusahaan)