Artikel

PERUM LKBN ANTARA SUMBANG PERANAN PADA KONFERENSI KEPUSTAKAWANAN 2019

PERUM LKBN ANTARA SUMBANG PERANAN PADA KONFERENSI KEPUSTAKAWANAN 2019

Rektor Universitas Surabaya/Ubaya, Joniarto Parung, (kedua dari kiri) membuka Konferensi Nasional Kepustakawanan Indonesia 2019, di Kampus 2 Ubaya Surabaya, Rabu (24/4/2019). Rektor Joniarto Parung bersama narasumber acara tersebut menerima cinderamata buku "80" dari Perum LKBN ANTARA. (ANTARA/Danies W Rahmanto)

  Manager Riset & Pengembangan Data Informasi Perusahaan, Perum LKBN ANTARA Dyah Sulistyorini April lalu menghadiri Konferensi Nasional Kepustakawanan Indonesia pada 24 - 26 April 2019 di Universitas Surabaya, JawaTimur.

Konferensi itu diselenggarakan oleh Perpustakaan Universitas Surabaya (Ubaya) yang bekerja sama dengan Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII), Forum Perpustakaan Khusus Indonesia (FPKI) dan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Provinsi Jawa Timur.

Konferensi tersebut diiringi dengan workshop yang mengusung empat tema: Soft Skill Training for Information Profesionals.

Secara berkesinambungan, acara tersebut juga melibatkan peserta dengan mengirimlan "call for papers" dengan beragam tema. Perpustakaan Kantor Berita Antara telah lolos seleski dan naskahnya telah diterima Redaksi Journal of Documentation and Information Services (JoDIS). Naskah tersebut berjudul  Inovasi dan Praktik Terbaik Perpustakaan Perum LKBN ANTARA: Mendukung Tujuan Strategis Perusahaan. 

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa Perpustakaan ANTARA memiliki kesanggupan untuk mendorong kaidah empat dimensi penciptaan pengetahuan, yakni socialization, externalization, combination, and internalization (SECI). Program kerja perpustakaan ANTARA harus mendukung tujuan organisasi untuk menciptakan produk/jasa berbasis pengetahuan.

 (Dyah Sulistyorini/Iswahyuni/Sekretariat Perusahaan)