Artikel

MANAGER RISET DAN PENGEMBANGAN DATA INFORMASI PERUSAHAAN KANTOR BERITA ANTARA NARASUMBER WORKSHOP MALKIN KE-5

MANAGER RISET DAN PENGEMBANGAN DATA INFORMASI PERUSAHAAN KANTOR BERITA ANTARA NARASUMBER WORKSHOP MALKIN KE-5

Dyah Sulistryorini, Manajer Riset dan Pengembangan Data Informasi Perusahaan, Perum LKBN Antara tampak sedang menyerahkan buku "80 Tahun Antara" kepada narasumber lain dan perwakilan panitia.


Dyah Sulistryorini, Manajer Riset dan Pengembangan Data Informasi Perusahaan – Divisi Manstrat dan Riset Perusahaan, Perum LKBN ANTARA, menjadi salah satu pemateri pada Workshop MALKIN ke-5 tahun 2019, Kamis (18/7).

MALKIN adalah  Masyarakat Lingustik Komputasional Indonesia atau INSCL

Workshop ini mengusung tema "Pembangunan Korpus Bahasa Indonesia."

Korpus adalah kumpulan dokumen teks yang dijadikan sebagai data set standar bagi para peneliti Pengolahan Bahasa Alami tersebut. MALKIN memiliki agenda tahunan yang digagas sejak 2015 sebagai wadah berbagi hasil penelitian di bidang komputasi linguistik.

Workshop ini dilakukan atas kerjasama Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti hari Kamis 18 Juli 2019 di kampus A UniversitasTrisakti, Jakarta.

Workshop ke-5 ini bertujuan untuk mengatur dan mendukung koordinasi nasional untuk mengembangkan sumber daya data bahasa tulis.  Acara ini sekaligus sebagai wahana berbagi metodologi maupun teknologi pengolahan dokumen teks, terutama yang ditulis menggunakan bahasa Indonesia.

Hadir sebagai narasumber lainnya adalah Kepala Pusat Pengembangan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  Selain itu dua pembicara dan seorang pakar Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau, Dr. Arbi Haza Nasution.

Kegiatan ini terbuka untuk dosen, peneliti, praktisi, dan seluruh mahasiswa di Indonesia yang tertarik di bidang Pengolahan Bahasa Alami.

(Dyah Sulistyorini/Iswahyuni/Sekretariat Perusahaan)