Artikel

POLDA NTB-LKBN ANTARA KOMITMEN ANTISIPASI PENYEBARAN BERITA “HOAKS”

POLDA NTB-LKBN ANTARA KOMITMEN ANTISIPASI PENYEBARAN BERITA “HOAKS”

Kepala Biro Kantor Berita ANTARA NTB Riza Fahriza (kedua kanan) bersama Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto (kedua kiri) didampingi jajaran usai kunjungan ke Kantor ANTARA Biro NTB, Mataram, Jumat (17/1). (ANTARA/Dhimas B.P.)

 

Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat bersama Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro NTB berkomitmen untuk mengantisipasi penyebaran berita “hoaks”.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto di Kantor ANTARA Biro NTB, Mataram, Jumat (17/1), mengatakan, komitmen untuk mengantisipasi penyebaran berita "hoaks" ini merupakan bagian dari tindak lanjut adanya nota kesepahaman yang ditandatangani antara Kantor Berita ANTARA dengan Mabes Polri.

"Jadi salah satu materi yang akan kita tekankan dalam kerjasama ini adalah bagaimana mengantisipasi berita 'hoaks', yang dimana itu sudah menjadi momok bagi kita semua," ucap Artanto dalam momentum silaturahminya ke Kantor ANTARA Biro NTB.

Karenanya, Artanto berharap kerja sama Polri dengan Kantor Berita ANTARA ini bisa menjadi sebuah langkah konkret dalam menangkal berita "hoaks" yang menyebar di tengah masyarakat, khususnya melalui medsos.

"Kita sebenarnya sudah mengetahui bersama bahwa 'hoaks' itu sangat menyesatkan dan pemahaman soal 'hoaks' itu tidak semua orang yang menggunakan medsos (media sosial) memahami sehingga hal-hal tersebut harus kita antisipasi bersama dari sekarang," ujarnya.

Sinergi ini juga diharapkan sebagai langkah awal dalam kesiapan bersama menyambut dua kegiatan akbar yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), yakni pelaksanaan pilkada 2020 di tujuh kabupaten kota Se-NTB dan MotoGP Mandalika.

Senada dengan yang disampaikan Artanto, Kepala Biro ANTARA NTB Riza Fahriza, mengatakan bahwa antisipasi berita "hoaks" menjadi salah satu konsentrasi Kantor Berita ANTARA dalam menyampaikan informasi ke tengah masyarakat.

"Tentunya dengan koneksi, relasi dan korelasi yang tersebar hingga kancah internasional, menjadi sarana LKBN ANTARA dalam membentengi negara dari berita 'hoaks'," kata Riza Fahriza.

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Kunto Wibisono

(Ami/Arie/Sekretariat Perusahaan)