Kegiatan

KABIRO ANTARA KALBAR DITUNJUK SEBAGAI KOORDINATOR BIDANG PUBLIKASI DAN MEDIA SATGAS BENCANA NASIONAL BUMN PROVINSI KALBAR

KABIRO ANTARA KALBAR DITUNJUK SEBAGAI KOORDINATOR BIDANG PUBLIKASI DAN MEDIA SATGAS BENCANA NASIONAL BUMN PROVINSI KALBAR
Menindaklanjuti arahan dari Kementerian BUMN melalui video conference pada hari Kamis tanggal 9 April 2020, disampaikan bahwa program kerja satuan tugas (Satgas) dalam pencegahan dan penanganan penyebaran COVID-19 harus lebih sistematis dan terarah.

Langkah-langkah yang dilakukan adalah pembuatan struktur organisasi satuan tugas pada masing-masing Provinsi serta mempersiapkan posko-posko BUMN di Wilayah Kabupaten/Kota.

Di Provinsi Kalbar, telah dibentuk struktur organisasi Satgas Bencana Nasional BUMN Provinsi Kalimantan Barat, dimana PT Aneka Tambang Tbk menjadi koordinator sesuai penugasan Kementerian BUMN. Salah satu tugasnya adalah mengkoordinasikan bantuan dari gabungan BUMN dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Sebelum struktur dibentuk, telah dilakukan sejumlah kegiatan seperti penyerahan secara simbolis bantuan ke Pemprov Kalbar seperti alat pelindung diri dan rapid test pada 7 April 2020.

Kemudian, telah dibentuk struktur organisasi tingkat provinsi hingga koordinator di tingkat kabupaten/kota.

Kepala Perum LKBN Antara Biro Kalimantan Barat Teguh Imam Wibowo ditunjuk sebagai Koordinator Bidang Publikasi dan Media bersama dengan Dwi dari PT Telkom dibawah Koordinator Wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

Tugasnya  mengkoordinasikan publikasi seputar penanganan COVID-19, pemberitaan dan juga penyusunan laporan satgas untuk disampaikan ke Kementerian BUMN.


Selain Bidang Publikasi dan Media, juga ada beberapa bidang untuk penanganan dan pencegahan COVID-19 diantaranya Bidang Hubungan Institusi, Bidang Logistik, Bidang Distribusi, dan Bidang Sistem Informasi.

Penanggungjawab Satgas Bencana Nasional BUMN Provinsi Kalbar  adalah Luki Setiawan (PT Antam) dengan Ketua Anas Safriatna (PT Antam). Sementara Bendahara dipercayakan kepada Sudarman dan Ade.

Secara keseluruhan, ada 36 BUMN di Provinsi Kalbar yang tergabung dalam Satgas Bencana Nasional BUMN. Sesuai dengan semangat Menteri BUMN Erick Thohir, BUMN Untuk Indonesia.

(Hendi/Teguh Imam Wibowo/Budi Setiawanto/Sekretariat Perusahaan)