Artikel

PRESS RELEASE: KANTOR BERITA ANTARA GELAR RAPID TEST UNTUK INSAN PERS INDONESIA

PRESS RELEASE: KANTOR BERITA ANTARA GELAR RAPID TEST UNTUK INSAN PERS INDONESIA

Kantor Berita Antara menggelar rapid diagnostic test (RDT) bagi insan pers di media-media ibu kota dalam upaya penanggulangan penularan COVID-19.

Direktur Utama Perum LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat menyatakan kegiatan tersebut adalah sebagai bentuk kepedulian Kantor Berita Antara terhadap insan pers  yang berada di garis depan pelaporan COVID-19.

"Wartawan adalah salah satu profesi yang rentan tertular virus Corona sehingga kami ingin berperan aktif dalam pencegahan penularan COVID-19 di kalangan media," ujar Meidyatama yang menghadiri pelaksanaan rapid test di kantor Rakyat Merdeka, Jakarta, Senin.

Selain Rakyat Merdeka, rapid test direncanakan digelar di Kumparan, Tirto, IDN Times, Femina, The Jakarta Post, Dewan Pers dan PWI Pusat.  Kegiatan tersebut dijadwalkan dimulai pada tanggal 8 Juni 2020 hingga tanggal 19 Juni 2020.

Prosedur rapid test tersebut dilakukan oleh tenaga medis dari Kantor Berita Antara dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 antara lain dengan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD), menerapkan physical distancing serta mewajibkan seluruh peserta untuk mengenakan masker.

Sebanyak 40 insan pers dari tiap media diharapkan dapat ikut dalam pelaksanaan tes yang akan digelar di kantor media masing-masing secara bergiliran.

Meidyatama menambahkan bahwa kegiatan tersebut diharapkan dapat juga digelar bagi pekerja media di daerah lain sehingga dapat membantu upaya pemerintah dalam penanggulangan penularan COVID-19.

Kami merencanakan kegiatan ini digelar di beberapa daerah terutama bagi insan pers di daerah-daerah yang tingkat penularannya tinggi," ujarnya.

Penyelenggaraan tes tersebut juga tidak dipungut biaya bagi para peserta dan merupakan bagian dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan Perum LKBN Antara.