Kegiatan

PERUM LKBN ANTARA PERKUAT KERJA SAMA DENGAN POLITEKNIK NEGERI SAMBAS GALI POTENSI PERBATASAN

PERUM LKBN ANTARA PERKUAT KERJA SAMA DENGAN POLITEKNIK NEGERI SAMBAS GALI POTENSI PERBATASAN
Direktur Poltesa, Mahyus MM (kiri) dan Kabiro Antara Kalbar Teguh Imam Wibowo saat menunjukkan nota kesepahaman dua pihak. (ANTARA/Dedi)

Perum Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA Biro Kalimantan Barat memperkuat kerja sama dengan Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) yang ditandai  penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dalam rangka menggali potensi kedua lembaga tersebut dan daerah perbatasan.

"Poltesa ibarat intan belum tersembunyi karena menjadi satu-satunya perguruan tinggi di perbatasan negara. Peluang dan perannya sangat strategis. Untuk itu, Antara Biro Kalbar  siap berkolaborasi dan sinergi menggali potensi Poltesa dan daerah ini," ujar Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Kabar Teguh Imam Wibowo di Sambas, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa ANTARA memiliki 32 biro di Indonesia dan beberapa perwakilan di dunia. Dengan jaringan yang ada tentu bisa membantu mengenalkan potensi Poltesa dan daerah perbatasan bukan hanya di tingkat nasional namun internasional.

"Harapan dan kami yakin Poltesa memilik SDM dan juga dosen dengan hasil penelitiannya. Itu harus disampaikan ke publik sehingga berdampak luas. Kemudian prestasi dan peluang yang ada juga demikian termasuk hal - hal apa yang dibutuhkan. Dengan berada  di daerah perbatasan tentu ini strategis dan bisa menjadi prioritas dari pemerintah pusat," katanya.

Sementara itu, di kesempatan yang sama Direktur Poltesa Mahyus menyambut baik dan terima kasih kepada ANTARA Biro Kalbar untuk saling memperkuat peran.

"Kami sangat senang dan terima kasih. Kami merasa berkepentingan dengan kerjasama ini. Perguruan tinggi termasuk Poltesa tidak bisa berdiri sendiri namun harus ada kerja sama. Hal itu karena untuk pengembangan dan evaluasi semua," kata dia.

Ia menyebutkan saat ini Poltesa sudah memiliki 9 program studi (Prodi). Sementara jumlah mahasiswa sudah mencapai 1.500 yang aktif saat ini.

"Di samping kami mengembangkan Prodi kami juga harus kerja sama sehingga mendapatkan umpan balik tentang kelebihan dan kelemahan kami," kata dia.

Ia menambahkan muara dari apa yang diupayakan para alumni bisa bekerja dan direkrut perusahaan yang bekerjasama atau membantu untuk bekerja.

"Indikator keberhasilan perguruan tinggi bukan dinilai  dan berapa jumlah yang wisuda semata. Namun sejauh mana alumni mendapat pekerjaan dan masa tunggu. Jangan sampai lama menganggur. Kemudian soal besar gaji juga penting. Kembali potensi Sambas dan Poltesa dengan kerja sama ini sangat penting," katanya.
 
Sebelumnya, Poltesa sudah mengirim sebanyak empat kali mahasiswa magang ke Perum LKBN ANTARA Biro Kalbar. Dengan kerja sama yang ada, akan terus berlanjut dan bahkan soal publikasi hasil penelitian dan pengembangan potensi daerah.
 
Pewarta : Dedi
Uploader : Admin Antarakalbar
COPYRIGHT © ANTARA 2021
(Hendi/Sekretariat Perusahaan)