Artikel

KOKANTARA SELENGGARAKAN RAT TAHUN BUKU 2020 DAN PEMILIHAN PENGURUS DAN PENGAWAS BARU SECARA VIRTUAL

KOKANTARA SELENGGARAKAN RAT TAHUN BUKU 2020 DAN PEMILIHAN PENGURUS DAN PENGAWAS BARU SECARA VIRTUAL
Koperasi Karyawan Perum LKBN Antara (Kokantara) menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2020 dan sekaligus melakukan pemilihan Pasangan Ketua Pengurus dan Ketua Pengawas Periode 2021-2025 secara virtual Kamis 15/7.

Direktur Utama Perum LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat berkenan hadir dalam acara RAT dan pemilihan pengurus/pengawas  untuk memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara.  
 
Meidyatama mengapresiasi seluruh Pengurus dan Pengawas Kokantara dapat menyelenggarakan RAT dengan jumlah peserta yang cukup banyak walaupun secara virtual. Kinerja pengurus dilihat cukup baik, walaupun ke depan harus bisa lebih tumbuh dan berkembang lagi. Tantangan kedepan lebih berat dan tentunya menjadi tugas pengurus dan pengawas yang baru nanti. Pengurus dan Pengawas baru harus bisa mengikuti perkembangan yang ada, tidak cukup mengandalkan bisnis dari internal saja. 

Di awal acara, Keynote speech dari Deputi Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Ahmad Zabadi menyampaikan arahannya dan memberikan apresiasi kepada Pengurus/Pengawas Kokantara dapat menyelenggarakan RAT sekaligus pemilihan pengurus/pengawas baru ditengah pandemi Covid-19 yang sedang merebak. Kokantara dapat mengundang seluruh anggota yang hadir lebih dari 345 peserta dari total anggota 625 anggota. Ini menunjukkan antusias anggota yang begitu luar biasa mau hadir dan ingin mengetahui perkembangan kinerja Pengurus dan Pengawas.

Ahmad Zabadi menilai kinerja Kokantara tahun 2020 cukup bagus, baik dari sisi pendapatan maupun pertumbuhan aset walaupun kondisi saat ini Indonesia bahkan dunia sedang dilanda pandemi, tapi Kokantara masih bisa tumbuh cukup baik

Kokantara dituntut untuk terus berinovasi untuk mengembangkan bisnis berbagai sektor dan dapat mengotimalkan serta berkolaborasi dengan keberadaan kantor Antara di seluruh Indonesia. Kokantara harus adaptif terhadap kondisi sekarang dan ke depan. Dengan adanya perubahan teknologi dan infrastruktur yang ada, Kokantara harus bisa bersaing dan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat ataupun anggota. Kokantara harus bisa melalukan Go Digital.

Selain Deputi Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Adminitrasi Jakarta Pusat Derliana Melinda Sagala juga memberikan pembekalan dan mengikuti jalannya RAT hingga selesai.

RAT dan pemilihan pasangan Ketua Pegurus/Pengawas diikuti lebih dari 345 anggota, baik anggota pusat maupun daerah bahkan Biro Luar Negeri. Dimana pesertanya terdiri dari anggota dari karyawan aktif, pensiunan dan tenaga alih daya.

Pada proses laporan pertanggungjawaban, Ketua Pengurus Risbiani Fardaniah dan Ketua Pengawas Erafzon Saptiyulda memaparkan laporan aktivitas selama tahun buku 2020. Disampaikan  dalam laporan kinerja keuangan Koperasi Karyawan Antara (Kokantara) menunjukan Laba (SHU) sebelum pajak meningkat sebesar 7% dibandingkan tahun 2019. Sedangkan laba (SHU) setelah pajak adalah meningkat sebesar 11% dari tahun 2019.  Hal ini disebabkan  karena capaian pendapatan tahun 2020 meningkat sebesar 2% dibandingkan dengan tahun 2019 dan biaya meningkat sebesar 1% dibandingkan tahun 2019. Di dalam Laporan Keuangan tahun 2020, aset Kokantara meningkat meningkat sebesar 6% dibandingkan tahun 2019. Selanjutnya laporan dapat disetujui secara aklamasi oleh seluruh anggota yang hadir. 

Dengan berakhirnya kepengurusan periode 2016-2020, acara dilajutkan dengan pelaksanaan pemilihan Pasangan Ketua Pengurus dan Ketua Pengawas Kokantara periode 2021-2025.

Pemilihan pasangan Ketua Pengurus dan Pengawas diikuti oleh 6 pasangan calon, dengan nomor urut pasangan berdasarkan saat mendaftar jadi pasangan calon, terdiri dari :
1. Abdul Gofur-Anton Siswandi
2. Hendi Rustandi-Darwito
3. Iwan Sahlami-Heri Fadianto
4. Jaka Sugiyanta- A. Inderahadi Kartakusumah
5. Ade P. Marboen-Wawan Indrawan
6. Risbiani Fardaniah-Erafzon Saptiyulda

Seluruh pasangan calon diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi, misi, dan rencana kerja, dilanjutkan dengan polling suara yang  dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi zoom. 

Diperoleh persentase hasil pemungutan suara untuk pasangan calon nomor 1=8%, 2=42%, 3=14%, 4=9%, 5=3% dan 6=34% dari total voter sebanyak 345 suara. Sehingga pasangan No. 2 Hendi Rustandi-Darwito terpilih sebagai Ketua Pengurus dan Ketua Pengawas Periode  2021-2025.

Pada akhir sesi, dilakukan pengundian doorprize 1 (satu) unit Motor Honda Beat,10 hadiah dalam bentuk uang @Rp500.000, dan dalam bentuk hadiah hiburan lainnya. Pelaksanaan RAT dan Pemilihan Ketua Pengurus/Pengawas ini terselenggara atas dukungan dan partisipasi dari PT. Toyota Astra Motor, BPJS Ketenagakerjaan, PT. Astra Honda Motor, dan PT Pupuk Indonesia.

(Hendi/Sekretariat Perusahaan)