Kegiatan

PESERTA PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA UNJA TANAM PINANG DI KANTOR ANTARA BIRO JAMBI

PESERTA PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA UNJA TANAM PINANG DI KANTOR ANTARA BIRO JAMBI
Kepala LKBN ANTARA Biro Jambi Syarif Abdullah bersama mahasiswa Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Unja tengah melakukan penanaman pohon pinang yang menandai berakhirnya masa magang mereka di kantor berita itu. ((ANTARA/Mifta))

Mahasiswa Universitas Jambi (Unja) peserta Program Mahasiswa Wirausaha yang mengakhiri program magang melakukan penanaman pohon pinang jenis "betara" di Kantor Perum LKBN ANTARA Biro Jambi.

Penanaman pohon pinang dari mahasiswa kampus "Pinang Masak" Universitas Jambi tersebut merupakan bagian dari tradisi berakhirnya program magang di kantor berita nasional itu.
 
Kegiatan yang merupakan salah satu bentuk edukasi bidang lingkungan hidup yang menanamkan kebiasaan menanam pohon kepada generasi muda itu dilakukan empat orang mahasiswa yang selala lebih dari sebulan melalukan program kerja lapangan di sana.

Kenang-kenangan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi  Mahasiswa Unja kepada Perum LKBN ANTARA yang  selama magang banyak mendapatkan ilmu dan pengalaman-pengalaman yang menarik.
 
"Sebagai kenang-kenangan kami tanam pohon pinang, karena kami dari Unja dan Unja kan dikenal dengan sebutan kampus pinang masak. Kenangan tersebut diberikan sebagai bentuk terima kasih kami karena kami banyak mendapatkan pengalaman dan ilmu," ujar Rida salah satu ketua tim magang PMW Unja, Senin.
 
"Kami juga disini diajari bagaimana penulisan berita yang baik, cara pengambilan foto terus juga bagaimana wawancara orang, nah itukan di luar dari pembelajaran yang kami dapat jadi mudah- mudahan dari kami sendiri untuk mengembangkan media," tambah Puput sebagai anggota tim magang lainnya.
 
Sejalan dengan program yang diusulkan Mahasiswa Unja yaitu tentang pemberitaan dan lebih terfokus ke ekonomi kreatif.
 
"Karena mungkin ini program nya dari PMW jadi konten-konten beritanya itu lebih diprioritaskan untuk yang ekonomi kreatif tetapi tidak menutup kemungkinan untuk yang lain" kata Puput.
 
Berdasarkan pengalaman yang mereka dapatkan ketika magang, mereka mengalami kesulitan untuk beradaptasi.
 
"Kendala kami ketika magang mungkin lebih ke gimana caranya cari narasumber, menyesuaikan waktu narasumber, dan juga nyiapin pertanyaan dan cara gimana mengemas berita yang baik gitu. Terlebih lagi karena mungkin jurusan kami bukan dari bahasa atau jurnalistik," kata Puput menambahkan.

Sementara itu Kepala Biro Antara Biro Jambi Syarif Abdullah menyebutkan, setiap mahasiswa program magang diwajibkan melakukan penanaman pohon di kawasan kantor Perum LKBN Antara Biro Jambi.

"Lebih dari sekedar kenang-kenangan, karena kami juga berharap mereka kelak dekat dengan alam dan menjaga kelestarian alam, salah satunya melalui menanam dan merawat pohon," kata Syarif Abdullah menambahkan.

Pewarta : Miftahul jannah
Editor : Syarif Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2021
(Hendi/Sekretariat Perusahaan)