Prestasi

WARTAWAN ANTARA RAIH ANUGERAH JURNALISTIK APKASI 2021

WARTAWAN ANTARA RAIH ANUGERAH JURNALISTIK APKASI 2021
Wartawan Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA Feri Purnama meraih Anugerah Jurnalistik APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) 2021 sebagai juara 2 lomba karya tulis jurnalistik kategori media online.

Penyerahan anugerah itu bersamaan dengan lima wartawan lainnya yang juga mendapatkan Anugerah Jurnalistik APKASI 2021 kategori media online dan media cetak yang disaksikan oleh Menteri BUMN Erik Tohir dalam rangkaian acara penutupan APKASI Otonomi Expo 2021 di Hall A-B JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/10).

Ketua Pelaksana APKASI Otonomi Expo 2021 Sarman Simanjorang mengatakan acara APKASI Expo 2021 menyelenggarakan banyak kegiatan yang salah satunya lomba karya tulis bagi wartawan seluruh daerah di Indonesia dengan tema "Kebangkitan Ekonomi Daerah Dalam Mendukung Pembangunan Nasional".

Ia menyampaikan Anugerah Jurnalistik Expo 2021 merupakan bentuk apresiasi APKASI bagi seluruh jurnalis yang telah menunjukkan kepeduliannya dengan menyebarkan informasi tentang pembangunan daerah melalui karya jurnalistiknya.

"Anugerah Jurnalistik Expo 2021 merupakan bentuk apresiasi kepada segenap jurnalis yang memiliki kepedulian dengan menyebarkan informasi seputar pembangunan di berbagai daerah melalui karya-karya yang edukatif dan mendorong timbulnya solusi konstruktif untuk kemajuan pembangunan di daerah," katanya.

Ketua Panitia Lomba Karya Tulis APKASI 2021 Dedi Rinaldi menyatakan lomba karya tulis diperuntukkan bagi wartawan seluruh daerah yang dibagi dua kategori yakni untuk karya tulis media cetak dan media online.

Hasil penjurian dari sekian banyak karya tulis yang ikut serta dalam lomba itu, kata dia, panitia berhasil memilih tiga juara 1, 2, dan 3 untuk masing-masing kategori media cetak dan media online.

"AJA (Anugerah Jurnalistik APKASI) ini merupakan kali pertama APKASI mewujudkan apresiasi kepada insan pers, dan insya Allah lomba ini akan dilaksanakan kembali di tahun-tahun mendatang," katanya.

Penerima Anugerah Jurnalistik APKASI 2021 Feri Purnama mengatakan pemberian anugerah itu merupakan kebanggaan karena bisa masuk tiga besar dalam lomba karya tulis jurnalistik kategori media online.

Raihan anugerah itu, kata dia, bukanlah akhir untuk berkarya tapi menjadi pendorong dan semangat untuk terus berkarya melalui karya jurnalistik yang memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama dalam membangun daerah, khususnya bangsa Indonesia.

"Kami ucapkan terima kasih kepada APKASI. Penganugerahan ini menjadi kebanggaan bagi saya dan juga Kantor Berita ANTARA tempat saya bekerja sekaligus belajar, ini bukan akhir, tapi menjadi pendorong agar saya tetap berkarya," kata pria lulusan Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung itu.

Wartawan yang mendapatkan Anugerah Jurnalistik APKASI 2021 yakni kategori media cetak juara satu oleh Kismi Dwi Atusti dari Surat Kabar Pikiran Rakyat dengan judul artikel Desa Bangkit, Ekonomi Nasional Terungkit. Juara dua diraih Osa Triyatna dari Surat Kabar Kompas dengan judul Mendorong UMKM Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri. Selanjutnya juara tiga diraih Fauziannur dari Surat Kabar Radar Sampit berjudul Hasil Panen Lebihi Target, Potensi Pendapatan Tambak Eksisting Bisa Lampaui APBD.

Kategori Media Online untuk juara saru diraih Puji Purwanto dari Suaramerdeka.com dengan judul Pelayanan Terpadu Banyumas Memacu Laju Investasi, juara dua Feri Purnama dari media Antaranews.com dengan judul artikel Menanti Secercah Kesejahteraan dari Desa Wisata Garut, dan juara tiga Wisma Putra dari Detik.com dengan judul artikel Geliat Santri Bandung Bangkitkan Ekonomi Selagi Pandemi.

(zaenal/hendi/sekretariat perusahaan)