Kegiatan

HUT KE-84, LKBN ANTARA BIRO BALI SUMBANG 100 BUKU KE PERPUSTAKAAN DESA DI DENPASAR

HUT KE-84, LKBN ANTARA BIRO BALI SUMBANG 100 BUKU KE PERPUSTAKAAN DESA DI DENPASAR
Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Bali menyumbang 100 eksemplar buku ke Perpustakaan Sabha Widya Sradha Desa Sumerta Kelod, Denpasar, Bali, Jumat (29/10/2021) sore, sebagai rangkaian HUT ke-84 kantor berita nasional yang lahir pada 13 Desember 1937 itu.

Bantuan buku dari kumpulan esai pelajar SMA/SMK di Pulau Dewata yang berjudul "Suara Milenial untuk Bali" itu diserahkan Kepala Biro LKBN ANTARA Bali Edy M Ya'kub kepada Kepala Desa Sumerta Kelod, Denpasar, I Gusti Ketut Anom Suardana, di lantai 2 perpustakaan desa itu.

"Perpustakaan desa ini penuh perjuangan, karena mengembangkan minat baca itu tidak mudah, meski perpustakaan ini ada di tengah Kota Denpasar, karena perpustakaan sekarang kalah dengan HP (handphone). Bahkan, saya sendiri harus datang ke sekolah untuk meminta pihak sekolah agar mengirim siswa ke perpustakaan secara bergantian," kata Suardana.

Namun, ketika siswa mau datang ke perpustakaan pun, para siswa itu banyak permintaan, seperti AC di ruangan baca, layar proyektor, dan laptop. "Tinggal laptop yang belum dapat kami penuhi karena COVID-19 membuat anggaran pun terpakai untuk penanganan kesehatan," ujarnya.

Selain itu, buku yang dikoleksi perpustakaan desa itu juga masih sedikit, seperti buku bacaan, buku skripsi, dan buku bantuan masyarakat. "Karena itu, kami sangat berterima kasih atas support dari ANTARA untuk memperbanyak koleksi kami yang belum banyak itu," tuturnya.

Nantinya, katanya, 100 buku dari LKBN ANTARA Bali itu akan didistribusikan ke sekolah enam sekolah yang ada di lingkungan desa setempat, baik SD maupun SMK/SMA. "Tapi, sebagian besar mungkin untuk perpustakaan desa ini," kata pimpinan perpustakaan yang pernah mewakili Provinsi Bali untuk lomba perpustakaan ke tingkat nasional.

Ia mengaku banyak belajar dari lomba perpustakaan di tingkat nasional itu. "Kami kalah, tapi kami banyak belajar, bagaimana perpustakaan juga dikunjungi pedagang, pegawai, tukang ojek, dan sebagainya, karena itu kami bangun menjadi dua lantai dengan lantai bawah untuk Bumdes yang melayani kebutuhan sehari-hari masyarakat," katanya.

Dalam kesempatan itu, Kabiro LKBN ANTARA Bali Edy M Ya'kub menjelaskan 100 buku yang disumbangkan ke perpustakaan desa dan sekolah di Desa/Kelurahan Sumerta Kelod, Denpasar itu merupakan bakti sosial (baksos) dalam rangkaian HUT ke-84 LKBN ANTARA di Bali.

"Buku ini berisi karya anak-anak SMA/SMK yang bahasa-nya pasti cocok dengan bahasa anak-anak milenial. Awalnya, kami mengadakan lomba esai bekerja sama dengan Humas Pemprov Bali yang diikuti 103 siswa SMA/SMK di Bali, lalu sebagian diseleksi dan diterbitkan menjadi buku esai. Semoga bermanfaat, apalagi isinya tentang suara anak muda tentang busana Bali, Bahasa Bali, produk lokal Bali, dan sampah atau sampah plastik," katanya.'

Selain baksos buku, LKBN ANTARA Biro Bali juga berencana mengadakan pameran foto secara luring dan daring tepat pada HUT Kantor Berita ANTARA pada 13 Desember 2021. "Pameran bertema 'Rwa Bhineda' yang rutin kami adakan setiap HUT ANTARA itu mendapat support teman-teman Galeri Foto ANTARA Pusat," kata Edy. (*)

(edy/hendi/sekretariat perusahaan)