Kegiatan

PEWARTA SENIOR KANTOR BERITA ANTARA JADI NARASUMBER WEBINAR PERTAHANAN LAUT

PEWARTA SENIOR KANTOR BERITA ANTARA JADI NARASUMBER WEBINAR PERTAHANAN LAUT

Pewarta senior Kantor Berita ANTARA Ade Marboen menjadi salah satu narasumber dalam webinar yang diselenggarakan oleh Semar Sentinel bertajuk 'Rebuilding Indonesia's Underwater Deterrence' yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom dan siaran langsung kanal YouTube Semar Sentinel Indonesia pada Rabu (19/1). 

Dalam webinar ini Ade menjadi salah satu dari tiga narasumber yang diundang Semar Sentinel, mendampingi dua narasumber lainnya yaitu Kolonel Arif Badrudin dan Alman Hervas Ali. 

Dalam paparan yang berjudul ‘Submarine Fleet: A Must Have for Indonesia’, Ade menjelaskan bahwa Indonesia sudah seharusnya memiliki armada kapal selam yang mumpuni karena dua pertiga dari wilayah Indonesia berupa perairan. 

“Jumlah armada kapal selam yang dimiliki Indonesia harus optimal disesuaikan dengan kemampuan keuangan, ancaman, perkembangan geopolitik, geostrategi, dan lain sebagainya,”  

Selanjutnya Ade juga membahas kapal selam seperti apa yang dibutuhkan oleh Indonesia sebagai investasi kepentingan nasional yang mumpuni, memadai dan sinambung.  

“Kalau menurut saya, yang paling penting adalah menentukan dulu postur pertahanan kita itu di bidang perkapal-selaman ini seperti apa yang mau kita wujudkan,”

Terkait kesiapan industri pertahanan nasional pendukung, Ade melihat bahwa perencanaan di bidang perkapalan harus sejalan dengan kebijakan pemerintah. 

“Karena saya pewarta, jadi saya melihatnya dari kesinambungan kebijakan pemerintah. Tentang ini harus sinambung antara pemerintahan dari waktu ke waktu,”

Setelah pemaparan tersebut, Ade membuka sesi tanya jawab untuk seluruh peserta dan dilanjutkan dengan pemaparan dari narasumber terakhir yaitu Alman Hervas Ali.

(Naura/Cathelya/Sekretariat Perusahaan)