Kegiatan

BP GEOPARK MERATUS-ANTARA GELAR LOMBA FOTO MERATUS

BP GEOPARK MERATUS-ANTARA GELAR LOMBA FOTO MERATUS
Salah satu kawasan Geopark Meratus di Loksado, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. ANTARA Foto/Bayu Pratama

Badan Pengelola Geopark Meratus bekerjasama dengan Perum LKBN Antara menggelar lomba foto bertema "Meratus Menuju Geopark Dunia."

Kompetisi yang terbuka untuk peserta dalam dan luar negeri ini dimaksudkan sebagai salah satu sarana memperkenalkan Geopark Nasional Meratus.

"Melalui lomba foto ini, diharapkan masyarakat, baik di dalam maupun luar negeri, semakin mengenal keindahan Meratus, dan menarik wisatawan untuk datang," kata Kepala BP Geopark Meratus Nurul Fajar Desira di Banjarbaru, Senin.

Pada akhirnya kawasan geopark memang ditujukan, selain untuk konservasi, juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar melalui pariwisata, kata Fajar.

Karya foto yang diikutsertakan dalam lomba ini diambil pada periode 1 Januari 2018 hingga 21 Juni 2022, dengan lokasi pengambilan seluruh kawasan Geopark Meratus.

Foto-foto yang berhasil lolos dalam lomba akan dipilih dan dipamerkan dalam pameran foto di Jakarta pada Juli 2022.

Informasi selengkapnya mengenai lomba foto ini bisa dilihat di portal AntaraKalsel dan akun instagram @antaranewskalsel.

Sementara informasi terkait Geopark Meratus bisa dilihat di laman resmi BP Geopark Meratus http://meratusgeopark.org, akun instagram @meratusgeopark, maupun akun YouTube Meratus Geopark.

Pegunungan Meratus telah dinyatakan sebagai kawasan Geopark Nasional pada 2018.

Saat ini, BP Geopark Meratus tengah melakukan persiapan untuk pengajuan diri sebagai UNESCO Global Geopark (UGG).

Pewarta: Sri Haryati
Editor : Nurul Aulia Badar
(hendi/sekretariat perusahaan)