Artikel

KOKANTARA SELENGGARAKAN RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (RAT) TAHUN BUKU 2021

KOKANTARA SELENGGARAKAN RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (RAT) TAHUN BUKU 2021
Koperasi Jasa Karyawan Kantor Berita ANTARA (KOKANTARA) menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) untuk tahun buku 2021. Rapat Anggota yang diselenggarakan pada Rabu (20/4) secara virtual dibuka oleh Direktur Pemberitaan Akhmad Munir selaku wakil dari manajemen Perum LKBN ANTARA.

Dalam sambutannya Akhmad Munir mengatakan bahwa KOKANTARA merupakan mitra dari perusahaan dalam beberapa hal yaitu dalam penyediaan Tenaga Alihdaya (Urusan Dalam, Keamanan, dan Juru Mudi), penyewaan kendaraan operasional serta pemenuhan kebutuhan ATK dan Sembako bagi karyawan.

"KOKANTARA harus terus meningkatkan pelayanannya sebagai bentuk profesionalisme kerjasama kepada ANTARA, serta harus terus mengikuti perkembangan teknologi dalam usaha-usaha pengembangan bisnisnya", kata Akhmad Munir.

Pada RAT tahun ini berkesempatan hadir Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Teten Masduki, didampingi oleh Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi. Dalam arahannya, Teten berharap KOKANTARA dapat membuka keanggotaan untuk media lain, sehingga KOKANTARA dapat menjadi koperasi karyawan media.

"Saat ini pemerintah terus mendorong koperasi untuk meningkatkan profesionalitasnya melalui modernisasi, penguatan kelembagaan dan akses keuangan dan juga perluasan usaha tanpa meninggalkan prinsip jatidiri koperasi", kata Teten.

"Harapannya pemerintah ingin secara kuantitas tidak terlalu banyak tetapi berskala besar. Saat jumlah koperasi sudah ratusan ribu namun yang masuk 100 besar dunia belum ada, dan ini merupakan tantangan bagaimana koperasi menjadi pilihan rasional bagi masyarakat untuk berusaha", tambah Teten.

Pengantar laporan pertanggung jawaban kinerja KOKANTARA tahun 2021 disampaikan oleh Ketua Pengurus Hendi Rustandi. Dalam kesempatan itu Hendi menyampaikan ucapan terimakasih kepada para pihak yang telah bekerja sama dalam menjalankan program kerja KOKANTARA.

"Prioritas pertama yang dilakukan oleh pengurus adalah membenahi legalitas KOKANTARA dengan membuat Akta Pendirian koperasi, serta legalitas lain sehingga KOKANTARA dapat memperluas bidang usaha", ungkap Hendi.

"Tahun ini KOKANTARA juga telah melakukan audit laporan keuangan periode tahun 2020 dan 2021 oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) - Armen Mesta dengan opini wajar", kata Hendi.

Detail laporan kinerja KOKANTARA dan Laporan Keuangan tahun buku 2021 disampaikan secara bergantian oleh Siswo Sadpriyono selaku Sekretaris dan Anastom selaku Bendahara.

Pada kesempatan akhir, Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Meidyatama Suryodiningrat menyampaikan beberapa arahan dan harapan kepada pengurus dan pengawas KOKANTARA.

"Tantangan dari pengurus koperasi yang dihadapi saat ini pasti sangat berbeda dengan pengurusan sebelumnya, sesuai dengan perkembangan zaman yang belum pernah terjadi dalam sejarah sebelumnya", kata Meidyatama.

"Perum LKBN ANTARA sebagai mitra dari koperasi akan terus menjalankan suatu kerjasama yang erat, namun juga harus disadari bahwa karena kondisi perusahaan yang berubah menghadapi iklim bisnis yang berevolusi maka akan ada kebutuhan-kebutuhan yang berbeda", ungkapnya.  

Rapat Anggota kali ini juga dimeriahkan dengan adanya undian untuk peserta yang hadir berupa hadiah uang tunai sebanyak 10 peserta yang beruntung dengan nominal masing-masing Rp.500.000,- dan hadiah utama berupa 1 unit motor.

(darwito/hendi/sekretariat perusahaan)